Asap Pergilah, Hujan Datanglah

Foto hari ini jam 7.31 pagi

Asap… asap… asap…
Hari ini asapnya semakin pekat
Membuat tenggorokan terasa tercekat
Perih mata bikin susah melihat

Karena asap yang begitu tebal, sekolah diliburkan sampai tanggal 16. Jika kondisi cuaca masih belum kondusif maka akan ada pemberitahuan lanjutan. Bulan lalu, tanggal 24 dan 25 sekolah juga diliburkan karena asap. Waktu itu, ada hujan sehari. Semua senang karena hujan. Asapnya pergi.

Tapi rupanya hujan yang cuma beberapa jam tak cukup untuk menyurutkan asap. Kebakaran lahan terjadi lagi. Asap yang baru berkurang sedikit malah jadi bertambah. Hari ini sangat parah. Lebih parah dari bulan lalu. Jarak pandang hanya beberapa meter. Debu abu di mana-mana. Debu abu itu bahkan masuk sampai ke dalam rumah. Halaman kotor. Rumah kotor. Entah bagaimana paru-paru ini.

Kenapa masih ada oknum yang membakar lahan? Padahal sudah tahu asapnya bikin bahaya. Kepekatan asap sudah melewati batas normal. Sudah mencapai tanda merah. Tanda bahaya!

Kasihan anak-anak yang masih kecil. Kasihan orang-orang yang sudah tua. Kasihan orang-orang yang sistem pernapasannya kurang baik. Yang sehat segar bugar saja bisa tumbang, apalagi yang tubuhnya rentan?

Hujan datanglah!

Ini sudah bulan Oktober. Biasanya, bulan yang namanya berakhiran -ber adalah bulannya hujan. September… Oktober… November… Desember… Dulu, kalau bulannya ber, ber, ber… tandanya harus sedia ember untuk menampung air hujan.

Kapan hujan datang? Padahal pak-bapak dari angkatan udara sudah keliling setiap hari naik helikopter sambil mengangkut buntelan untuk menarik awan hujan atau menabur garam. Dan, karena asap yang berkepanjangan ini muncul broadcast tentang “cara agar hujan datang.” Yah, kemungkinan hanya Hoax.

Bagaimana caranya supaya hujan turun?
Biasanya… kalau aku ganti jaket motor, akan turun hujan. Tapi rupanya tidak.
Biasanya… kalau aku cuci motor, akan turun hujan. Tapi…. mari dicoba saja.
Atau, perlukah ditambah dengan tarian hujan?

Advertisements

[Review Buku] Ingin Tahu Seperti Apa Novel Bergenre Iyamisu? Yuk, Baca Confessions

Pernah dengar novel yang bergenre iyamisu? Kalau genre romance, mystery, horror, thriller, fantasy, sudah biasa ya. Nah, kalau genre iyamisu? Genre apa itu?

Menurut Wikipedia, iyamisu (eww mystery) adalah subgenre dari fiksi misteri yang berhubungan dengan episode mengerikan dan sisi gelap manusia. Dikatakan eww mystery karena setelah membacanya, orang akan mengatakan ‘eww.’ Ada beberapa novel yang bergenre iyamisu. Contohnya Gone Girl, Holy Mother karangan Akiyoshi Rikako, Confessions karangan Minato Kanae, dll.

Novel Confessions dikatakan sebagai Gone Girl-nya Jepang. Dan novel ini dinobatkan sebagai salah satu dari 10 novel misteri terbaik tahun 2014 oleh Wall Street Journal. Minato Kanae sendiri disebut sebagai “the queen of iyamisu.”

Novel Confessions ceritanya tentang apa?
Ceritanya tentang seorang guru SMP bernama Moriguchi Yuko yang anaknya meninggal di sekolah tempat ia mengajar. Bu guru ini adalah orangtua tunggal. Ia tinggal dengan puteri satu-satunya yang berusia 4 tahun. Karena pengasuh puterinya sedang sakit, ia membawa anaknya ke sekolah setelah menjemputnya dari tempat penitipan anak.

Suatu hari, puteri Moriguchi ditemukan meninggal di kolam renang yang ada di sekolah. Semua orang menduga bahwa puterinya terpeleset dan jatuh ke kolam renang. Namun Moriguchi yakin bahwa puterinya dibunuh. Ia menyelidiki orang-orang di sekolah termasuk siswa-siswanya.

Setelah menyelidiki, lalu didapatlah dua orang tersangka. Mereka adalah siswa di tempat Moriguchi bekerja. Moriguchi tidak ingin menyerahkan kedua siswa tersebut ke polisi. Ia melakukan sesuatu untuk membalas dendam kepada mereka. Setelahnya, ia berhenti bekerja.

Namun… siapa sangka pembalasan dendam itu menjadi awal dari kisah-kisah mimpi buruk lainnya.

Aku nggak akan banyak memberi tahu isi ceritanya seperti apa karena nggak bakal seru buat kalian yang mau baca. Biar penasaran ya, karena buku ini sangat bagus.

Komentar:
Ada 6 bab di buku ini. Masing-masing bab bercerita tentang sudut pandang dari tokoh yang berbeda. Misalnya, bab 1 adalah kisah dari sudut pandang si A, bab 2 adalah kisah dari sudut pandang si B, dan seterusnya. Dari bab 1 sampai 6 itu kisahnya saling terhubung. Dan puncaknya tentu saja di bab terakhir.

Ceritanya beneran seru dan gila-gilaan!! Nggak akan bisa lepas kalau sudah mulai baca. Makin lama makin penasaran dan endingnya pun sangat tidak tertebak!!

Ini beneran genre iyamisu (eww mystery) karena cerita buku ini beneran ‘eww’! And, of course bikin susah move on kalau sudah baca. Rasanya masih terngiang-ngiang dalam benak apa saja yang sudah dibaca. Pantesan aja buku ini diganjar predikat one of the best mysteries. Ya, karena ceritanya benar-benar keren!

Rating:
Aku beri nilai 9/10 untuk novel ini. Yang suka genre mystery wajib baca buku ini! Nggak bakal nyesel!

Informasi Buku:
Judul: Confessions
Pengarang: Minato Kanae
Genre: iyamisu
Penerbit: Penerbit Haru
Tahun Terbit: 2019
Jumlah halaman: 304 halaman
ISBN: 978-602-53858-8-9

Hiatus dari Peradaban

Jika orang bilang jatuh cinta tuh berjuta rasanya, maka aku bilang putus cinta tuh berjuta sakitnya.

Saat kamu jatuh cinta, kamu ajak teman-temanmu makan-makan. Lalu saat kamu putus cinta, apakah kamu akan pergi minum-minum?

Banyak sekali drama saat putus cinta, mulai dari nggak nafsu makan, nggak nyenyak tidur, masih mikirin dia, sedih, nangis, marah, kesal, kecewa, bete. Lalu ada drama blokir medsos dia. Setelah itu berubah pikiran dan membuka kembali blokiran. Dilanjutkan dengan kepoin medsos dia. Eh, pas kepoin medsosnya dia ternyata dia pasang foto orang lain dan diberi tanda lope-lope. Jreng! Jreng!! Sakitnya hati ini. Lo aja belum move on eh dia sudah sama orang baru?

Saudara-saudara yang terkasih dan saya hormati… Jika kamu baru putus dengan mantan dan dia bisa segera jadian dengan seseorang, percayalah bahwa orang tersebut sudah dekat dengan mantanmu sejak sebelum kalian putus!! Cinta nggak mungkin tumbuh dalam sekejab. Trus kamu masih mau nangisin dia yang sudah jelas nggak setia? Hellowww!!

Lalu…. Dari semua cerita drama itu, tentu saja ada sebuah kisah tentang usaha untuk move on.

Move on itu yang bagaimana? Apakah cepat-cepat punya pacar baru dan cepat-cepat punya gebetan baru berarti sudah move on?

Belum tentu!! Bisa jadi itu hanya pelampiasan aja. Atau untuk membuat mantan cemburu?? Biar dikatakan cepat move on? Ehm! Tapi ada juga tipe nggak setia yang sudah main belakang sejak masih pacaran dengan kamu. Dan setelah putus, dia bisa merdeka dan jadian dengan orang lain.

Kalau pasang foto seseorang supaya mantan cemburu, menurutku itu bukanlah hal baik. Ngapain sok-sok’an majang foto berdua dengan lawan jenis biar mantan cemburu? Itu malah bikin sakit hati!! Bikin makin benci.

Trus, biasanya nih… Kalau baru putus lalu langsung cari gebetan atau pacar baru, biasanya itu nggak akan bertahan lama. Kamu akan merasa bosan karena sebenarnya hatimu itu belum sembuh. Hati belum sembuh trus dipaksa biar menyukai orang lain. Itu malah akan bikin lebih sakit. Nantinya gebetan atau pacar barumu juga akan tersakiti kalau tahu dia cuma pelampiasan aja. Berapa banyak orang yang mau kamu sakiti?

Lalu, bagaimana caranya supaya cepat move on?

Menurutku itu adalah masalah waktu. Tergantung pribadi masing-masing. Kalau kata orang bijak tuh: Time will heal. Waktu akan menyembuhkan.

Jangan diingat-ingat. Kalau tiba-tiba teringat, alihkan perhatian. Cari kesibukan. Jangan menghubungi dia duluan kalau nggak penting banget, biar nggak baper. Ngapain juga hubungi dia? Nggak ada hubungan apa-apa lagi juga kan. Ya… kalau hatimu sudah sembuh dan mau berteman dengan dia itu lain ceritanya. Eh, belum tentu juga dia mau berteman dengan kamu, kan.

Stop juga kepoin medsosnya. Kalau perlu unfollow atau dimatikan saja story dan postingan dia. Biar kamu nggak sakit hati kalau ternyata dia sudah punya pengganti dan dibangga-banggakannya di media sosialnya.

Supaya nggak ingat-ingat kesedihan, kekesalan, dan kemarahan sama si mantan, cari kegiatan pengalihan. Contohnya adalah:

  1. mengerjakan hobi (membaca, menulis, nonton, main game, masak, olahraga, dll),
  2. mempelajari hal-hal baru yang bermanfaat (ikut kelas fotografi, kursus computer, kursus masak, dll)
  3. mengikuti kegiatan sosial (berkunjung ke panti asuhan, panti jompo, berdana pada korban kebakaran, dll)
  4. kumpul bareng teman-teman beramai-ramai sambil melakukan kegiatan yang seru misalnya wisata kuliner, ikut seminar, dll.
  5. ikut challenge/lomba seperti yang sedang aku kerjakan saat ini, ikut Blog Challenge September.

Ada satu hal lagi yang biasa aku lakukan untuk mengobati sakit hati atau patah hati. Caranya adalah dengan hiatus dari peradaban. Maksudnya adalah mundur sejenak dari segala hal yang ada hubungannya dengan dia: Nggak kepoin medsosnya dia. Nggak bertemu dia. Nggak ngobrol bahkan tersenyum dengan dia. Nggak hubungi dia duluan kecuali ada urusan yang penting banget. Berusaha untuk menghindari dia….. Sampai… waktu yang nggak bisa ditentukan. Sampai kalau nggak sengaja berpapasan dengan dia hati ini merasa baik-baik saja.

* * *

Blog Challenge September hari ke-15 (terakhir). Tema: Move On

Ayo Cuci Tangan!

Kalau kita berkunjung ke Rumah Sakit, di dekat pintu-pintu masuk ke sebuah ruangan biasanya ada botol berisi cairan pembersih tangan. Kalau kita pergi ke tempat makan, juga ada tempat cuci tangan (kecuali tempat makan di tenda pinggir jalan). Kalau ke toilet di mall, ada tempat cuci tangan juga. Sebegitu pentingnyakah mencuci tangan itu?

Ada sebuah cerita yang cukup menarik yang pernah aku dengar. Waktu itu aku ikut seminar yang diadakan oleh sebuah Puskesmas. Seminarnya tentang Imunisasi Meases Rubella (MR). Itu penyakit yang beberapa waktu lalu sempat menghebohkan Indonesia sejagad raya. Penyakit berbahaya yang biasanya menyerang anak-anak. Jadi setiap anak harus disuntik/diimunisasi.

Nah, saat itu ada seorang ibu yang bertanya pada pembicara. Apakah boleh mengusap-usapkan bekas suntikan anak dengan tangan? Karena biasanya si ibu ini menenangkan anaknya yang kesakitan habis disuntik dengan cara mengusapkan tangannya ke bekas suntikan di tangan anak. Puk! Puk! Nak, nggak sakit lagi kok. Kan sudah ibu usap-usap….

Bapak pembicara mengatakan bekas suntikan itu tidak boleh diusap-usap pakai tangan. Bisa infeksi! Apalagi kalau belum mencuci tangan. Anda ingat tangan Anda itu habis memegang apa saja? Habis dari belanja di pasar, dapat uang kembalian dari pedagang. Uang itu entah dari tangan siapa yang entah dia habis ngupil trus pegang duitnya. Atau apakah ibu itu habis dari naik bus. Pegang di pegangan yang ada di bus. Pegangan itu entah habis dipegang orang yang habis dari toilet, buang air besar, cebok, tapi nggak cuci tangan. Kumannya bisa pindah ke tangan anak yang baru disuntik dan menyebabkan infeksi.

Hiiii! Serem banget nggak sih?

Lha, terus kalau kita mau makan nggak cuci tangan dulu, entah tangan kita habis pegang apa? Mungkin habis pegang pegangan eskalator yang tadinya dipegang orang yang habis utak-atik tanah dan di tanah itu entah ada bekas eek anjing atau eek kucing. Trus kita langsung makan aja tanpa cuci tangan. Kumannya masuk ke perut. Mantap betul itu!!

Ya… makanya di rumah sakit ada hand sanitizer. Biar kita bersihkan dulu tangan kita sebelum dan sesudah menjenguk orang sakit. Biar kuman yang kita bawa nggak nempel di pasien dan kuman dari pasien nggak nempel di kita. Makanya di restoran dan toilet mall ada tempat cuci tangannya. Biar kita nggak termakan kuman dan kuman dari kita nggak termakan orang lain.

Kapan harus cuci tangan?
1. Sebelum dan sesudah makan
2. Sebelum dan sesudah menjenguk orang sakit
3. Sebelum dan sesudah memasak
4. Sebelum tidur dan sesudah bangun tidur
5. Sesudah aktivitas di wc/toilet
6. Sebelum berinteraksi dengan anak kecil/balita. Misal mau ajak bermain atau mau bersihkan balita.
7. Sesudah bermain dengan hewan peliharaan
8. Sesudah melakukan aktivitas yang kotor misalnya sesudah menanam pohon, nyuci motor, nyapu, ngepel
dst…

Kalau ada yang mau menambahkan, yuk mari isi di kolom komentar.

Satu hal lagi yang harus diingat, cuci tangannya pakai sabun ya… Biar bersih!

* * *

Blog Challenge September hari ke-14. Tema bebas.

Usir Rasa Bosanmu dengan Membaca Webtoon yang Seru

Webtoon? Iya. Webtoon adalah nama aplikasi untuk membaca komik. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dilaunching oleh perusahaan Naver dari Korea tahun 2005. Ada banyak komik dari berbagai genre yang bisa dibaca di Webtoon.

Untuk login ke Webtoon biasanya dengan akun LINE. Tapi bisa juga dengan Gmail. Genre yang ada di Webtoon adalah Drama, Fantasi, Komedi, Aksi, Slice of Life, Romantis, dan Horor. Webtoon bisa diakses dalam beberapa bahasa, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Thailand.

sumber gambar: webtoon.com

Berikut rekomendasi dari aku untuk beberapa genre Webtoon. Ada komik yang ongoing dan ada yang sudah tamat.
1. Drama: The Secret of Angel
Status: Ongoing. Baru sampai episode ke-71.
Ceritanya tentang seorang anak perempuan yang sebenarnya wajahnya biasa banget, bisa dikatakan nggak cantik. Tapi dia jago dandan. Karena kepandaiannya itu wajahnya jadi terlihat cantik banget. Dalam cerita ini tentu saja ada teman-teman yang tidak suka dan ingin membongkar rahasia. Trus ada cerita dia ingin mengejar cita-citanya supaya bisa sekolah di sekolah make up, karena sebenarnya ia tidak suka masuk universitas pada umumnya. Namun ibunya menentang.

2. Fantasi: Aegis Aorta
Status: Ongoing. Baru sampai episode ke-51 (season 2)
Ceritanya tentang Val yang seorang murid SMA biasa. Tapi ternyata dia bukan orang biasa. Di komik ini ada monster-monsternya. Ceritanya seru.

3. Komedi: Brothers and Sisters
Status: Ongoing. Baru sampai episode ke-22
Ceritanya tentang anak SMA, cowok dan cewek yang berpacaran. Namun hubungan mereka ditentang oleh kakak-kakak dari masing-masing. Si cowok punya 3 orang kakak cewek dan si cewek punya 3 orang kaka cowok. Dan masing-masing kakak mereka tempat kerja/kuliahnya sama. Hayooo…

4. Aksi: Reawaken Man
Status: Ongoing. Baru sampai episode ke-95
Ceritanya tentang seorang pemuda yang susah mendapat pekerjaan. Ia punya tetangga yang masih sekolah. Seorang anak perempuan. Suatu hari ada kasus yang menimpa anak perempuan tersebut. Ia ingin membela namun ia mati dibunuh penjahat. Anehnya, pemuda ini hidup lagi.

5. Slice of Life: Lazy Cooking
Status: Ongoing. Baru sampai episode ke-143 (season 2)
Buat kalian yang pengen belajar masak masakan yang mudah, baca ini deh. Komik ini juga bisa menaikkan nafsu makan karena makanan yang dimasak tokoh ceritanya kelihatan enak banget.

6. Romantis: Make Up Man
Status: Ongoing. Baru sampai episode ke-57
Ceritanya tentang seorang Make Up Artist (MUA) yang mencari model untuk mengikuti lomba. Ia bertemu dengan seorang cewek yang wajahnya biasa saja, tapi cewek ini pintar dan sering memberi ide-ide cemerlang saat mereka mengikuti lomba. Tentu saja lombanya nggak mudah. Mereka menghadapi banyak saingan yang juga puny aide-ide brilian.

7. Horor: Ghost Teller
Status: Ongoing. Baru sampai episode ke-1 (5) Season 2.
Ceritanya tentang kehidupan hantu sebelum menjadi hantu. Penasaran nggak sih apa yang membuat si hantu menjadi hantu?

Nah itu 7 webtoon yang menurutku seru. Masih banyak webtoon lain yang tak kalah seru. Silakan dilihat-lihat sendiri di aplikasinya ya.

* * *

Blog Challenge September hari ke-13, tema bebas.

Cita-citamu Apa?

Cita-cita kamu apa? Cita-citata?
Hmmm… sepertinya pernah dengar kata yang terakhir itu. Apa itu, nggak tau ah. Cari aja di Google.

Ayo bercerita tentang cita-cita.

Dulu pas masih sekolah, kita semua pasti pengen jadi ini-itu. Aku juga. Pernah pengen jadi dokter, arsitek, dan lain-lain. Pernah pengen punya ini, punya itu. Ada yang kesampaian? Ada. Tapi ada juga yang nggak.

Kalau anak-anak ditanya mau jadi apa, rata-rata akan menjawab sesuai dengan apa yang pernah mereka lihat. Ada yang ingin jadi petugas pemadam kebakaran. Ada yang ingin jadi pilot. Ada yang ingin jadi Ultraman. Ada yang ingin jadi Princess. Ada yang ingin jadi presiden. Tapi… kok nggak ada yang mau jadi guru?

Anak-anak kalau ditanya cita-cita, masih asal sebut. Apa yang sering mereka lihat dan apa yang mereka kagumi, itulah yang akan disebutkan. Tapi semakin bertambah umurnya mereka akan semakin berkembang jalan pikirnya. Mereka makin mantap menentukan nanti dirinya mau jadi apa. Ya… walaupun ada juga beberapa orang yang pas SMA bingung nanti mau kuliah jurusan apa. Bingung nantinya mau jadi apa. Padahal waktu kecil cita-citanya banyak banget.

Untuk yang sudah jadi orangtua… tugasnya adalah mengarahkan anak. Bukan memaksakan kehendak pada anak. Nggak enak loh mengerjakan sesuatu karena terpaksa. Misal nih… Anak maunya jadi apoteker. Eh, orangtua maunya si anak jadi notaris. Anaknya dipaksa kuliah di jurusan yang dipilih oleh ortu. Harus di universitas A di kota B. Kan kasihan tuh si anak. Nanti jadi stress loh! Kalau sampai depresi lalu bunuh diri, siapa yang menyesal?

Punya banyak cita-cita boleh nggak, sih?
Sah-sah aja. Asalkan cita-citanya baik, ya nggak apa-apa kok punya banyak cita-cita. Contohnya: suatu hari nanti pengen jadi pedagang, punya toko alat tulis yang ramai dikunjungi orang, punya mobil, punya rumah, bisa jalan-jalan keliling dunia, punya keluarga bahagia, sehat-sehat, jarang sakit, dst…

Untuk mewujudkan cita-cita itu harus kerja keras. Berusaha. Semangat.

Ah ya, di sini aku juga menyemangati diri sendiri untuk mewujudkan cita-citaku. Semoga aku bisa jadi orang yang lebih berbahagia. Belajar dan terus belajar supaya bisa jadi orang yang lebih baik.

Cita-cita kalian apa? Semoga bisa segera tercapai ya…

* * *

Blog Challenge September hari ke-12. Tema: Cita-cita.

4 Alat Make Up Simple Anti Menor Buat Sehari-hari

Pakai make up tuh sebenarnya perlu nggak, sih?
Menurutku perlu. Alasannya ini:
1. Dengan memakai make up, rasa percaya diri bisa sedikit bertambah.
Tapi make up-nya yang simple aja. Kalau menor malah bikin nggak pede. Tampil cantik tuh sebenarnya buat diri sendiri dulu. Tentunya kita senang kalau diri sendiri bisa terlihat cantik. Dengan merasa cantik, setidaknya rasa percaya diri jadi naik.

2. Wajah jadi nggak terlihat kucel atau berantakan.
Memang sih ada yang wajahnya sudah dari sononya cantik. Nggak usah pakai apa-apa sudah enak dilihat. Tapi, kalau dipoles bedak sedikit plus lipgloss sedikit kan makin enak dipandang.

Alasan lainnya bisa kalian tambahkan sendiri karena setiap orang beda-beda pendapatnya tentang make up ini. Ada yang karena diharuskan dalam pekerjaannya. Ada yang memang hobi pakai make up. Ada yang nggak pede kalau nggak pakai make up, terasa ada yang kurang karena sudah terbiasa pakai make up. Ada yang buat nutupin noda di wajah. Ada yang biar dilirik oleh gebetan. Ada juga yang biar pasangannya nggak ngelirik perempuan lain. Eh, kalau ini mah tergantung lakinya ya. Kalau tipe nggak setia ya nggak setia aja walaupun ceweknya udah dandan maksimal. Semoga para pembaca nggak ketemu sama cowok model gini. Jauh-jauh deh sama yang beginian!

Nah, biar nggak menor, alat make up apa saja yang bisa dipakai?
Aku rekomendasikan beberapa alat make up ini, yang juga cocok untuk pemula.

1. BB Cream
Sebelum pakai BB Cream, wajah dicuci bersih dulu lalu pakai pelembap ya. BB Cream ini fungsinya untuk menutupi noda di wajah, misalnya ada jerawat. Wajah yang sudah dioleskan BB Cream akan terlihat lebih mulus.

2. Pensil Alis
Ini gunanya untuk mempertegas alis kalian. Kalau alis kalian sudah tebal, jangan terlalu tebal memakai pensil alisnya. Warna pensil alis juga sesuaikan dengan warna kulit ya. Biasanya ada 3 warna pensil alis, yaitu hitam, cokelat, abu-abu. Kalau aku biasanya pakai warna abu-abu atau hitam supaya terlihat lebih natural.

3. Bedak
Bedak ini dipakai supaya wajah terlihat lebih kinclong setelah memakai BB Cream. Biar terlihat makin halus wajahnya. Ada 2 macam bedak yaitu bedak tabur dan bedak padat.

4. Lipgloss/Lipbalm
Kalau kalian nggak suka pakai lipstik, lipgloss/lipbalm bisa jadi pilihan. Aku pakai lipbalm Silkygirl Magic Pink Lip Balm. Pakai ini dioleskan sedikit saja bisa membuat bibir jadi berwarna pink. Kalau dioleskan lebih banyak, warna pink-nya jadi makin pekat. Karena sudah bikin bibir jadi berwarna, aku seringnya nggak pakai lipstick lagi. Oh ya, lipbalm ini nggak bikin bibir jadi kering. Justru ini bagus banget dipakai buat yang bibirnya kering.

Alat make up di atas bisa dipakai buat kalian yang sedang buru-buru mau pergi ke kampus atau kerja. Cukup yang 4 itu saja sudah bikin cantik, kok. Kalau ada waktu lebih, boleh tambahkan Blush On dan Mascara. Blush on dipakai di pipi. Jangan terlalu tebal biar nggak terlihat kayak orang habis kena tinju ya. Lalu… Kalau mau pakai mascara, sebaiknya bulu mata dijepit terlebih dahulu supaya kelihatan lentik. Setelah itu oleskan mascaranya pelan-pelan. Hati-hati awas kecolok mata. Hehehe.

* * *

Blog Challenge September hari ke-11. Tema bebas.