Gorengan atau Rebusan?

Seorang ibu sedang menyiapkan dagangannya, ada pisang goreng, ubi goreng, tempe goreng, dan lain-lain yang semuanya gorengan. Kemudian datanglah tetangganya.

Tetangga: “Wah, laris dagangannya, Bu?”

Ibu Penjual: “Ya, lumayan hari ini laris. Tapi kemarin dagangan saya nggak laku, lho, Jeng!”

Tetangga: “Owalah… Kok bisa?”

Ibu Penjual: “Kemarin itu saya nyiapin ubi rebus, pisang kukus, dan makanan-makanan yang rebusan. Nggak ada gorengan sama sekali. Orang yang lihat dagangan saya pada nggak suka. Cuma ada yang beli satu atau dua potong. Yang lainnya cuma lihat trus pergi.”

Tetangga: “Lha, kenapa Ibu jual makanan rebusan? Biasanya Ibu, kan, jual yang gorengan…”

Ibu Penjual: Iya, Jeng. Ceritanya begini…

*Tetangga langsung pasang kuping buat menyimak. Si Ibu pasang tampang serius.

Ibu Penjual: “Beberapa hari yang lalu saya onlen di fesbuk. Nah, trus ada berita yang bilang kalo sering makan gorengan tuh nggak bagus buat kesehatan. Katanya minyak dari gorengan biasanya meresap ke makanan, trus bisa bikin kolesterol. Makan gorengan terus-terusan juga bisa bikin batuk atau sakit tenggorokan. Makanya saya kasian sama yang sering beli. Jadi saya bikin makanan rebusan.”

Tetangga: “Ya ampun Ibu… Yang namanya orang tuh ya kebanyakan sukanya yang gorengan. Mana ada yang mau jajan rebusan. Coba tanya sama pegawai-pegawai kantor dekat sini. Kalo mereka jajan, pasti yang dicari tuh gorengan. Nggak pernah ada yang nyariin rebusan. Udah deh ibu tetep jual gorengan. Yang penting minyak gorengnya bersih, nggak pake plastik yang kayak di berita-berita itu, nggak pake pengawet atau barang-barang terlarang, dan halal. Pasti dagangan ibu laku terus.”

Ibu Penjual: *manggut-manggut* “Iya, Jeng. Paling nanti saya variasiin aja ya, ada gorengan dan ada rebusan juga.” *tetep ngotot pengen jual rebusan.

gorengan

* * *

Kalau teman-teman, sukanya makanan yang digoreng atau direbus atau dikukus? Pilih gorengan atau rebusan?

πŸ˜€

Advertisements

22 thoughts on “Gorengan atau Rebusan?

  1. Kalau pisang sukaan digoreng. Singkong kalau gorengnya gak bener lbh suka rebus. Hehehe.
    Rebusan bisa dimodif kok Grant.
    Misalnya singkong. Rebusnya jgn dibuat rebus gitu aja. Tapi diparut panjang2 baru rebus. Tambahin kelapa n gula utk makan.

    Like

  2. Hahaha, cerita nyata kah itu?? πŸ˜€

    Kalau sukanya suka mana, jelas suka gorengan lah. Tapi memang kalau mikirin kesehatan memang rebusan lebih sehat ya, hehe πŸ˜€ .

    Aduh, jadi kangen gorengan di Indonesia nih

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.