[Review Buku] The Girl on The Train

Judul buku: The Girl on The Train
Pengarang: Paula Hawkins
Genre: misteri, thriller
Penerbit: Noura Books
Tahun terbit: 2015
Jumlah halaman: 431

Komentar:
Buku ini saya beli karena dapat info dari sebuah situs majalah di internet. Situs tersebut menyebutkan bahwa novel ini akan difilmkan. Nah, kata “difilmkan” itu yang bikin tertarik untuk baca. Biasanya buku yang bagus kan akan dibuat filmnya, contohnya Harry Potter, serialnya Bella Swan dan Edward Cullen, serial Divergent, Carrie, dll.

Pas awal baca buku ini, jujur saya nggak nyambung en nggak ngerti ceritanya apa. Serasa berat di bab pertama. Setelah bab kedua dan seterusnya, ceritanya makin seru. Apalagi setelah seperempat buku, rasanya nggak mau tidur karena penasaran dengan ceritanya.

Tokoh utama di buku ini adalah Rachel, seorang wanita umur 30an yang sudah bercerai. Dia tinggal di apartemen sahabatnya dan bekerja di sebuah perusahaan yang mengharuskannya naik kereta api setiap hari. Dalam perjalanannya di kereta api, Rachel melewati rumah lamanya, rumah tempat ia dan mantan suaminya tinggal. Namun bukan rumah lamanya yang menariknya untuk melihat. Ada sebuah rumah yang isinya sepasang suami istri, yang dinamai Rachel dengan Jason dan Jess. Bagi Rachel, Jason dan Jess adalah contoh keluarga bahagia.

Suatu ketika, Rachel melihat sesuatu yang berbeda dari rumah Jason dan Jess. Tak hanya itu, ia juga melihat sesuatu di terowongan di bawah kereta api, sesuatu yang menyeretnya ke sebuah misteri yang sangat memusingkan, apalagi ia hilang ingatan dan harus bertemu dengan istri baru mantan suaminya.

Tokoh kedua dari buku ini adalah Megan, seorang ibu rumah tangga yang dulunya pekerja seni. Megan pernah mengalami trauma akibat kematian kakaknya. Suami Megan, Scott, menyarankan Megan mencari aktivitas yang akan melupakannya pada masa lalunya yang buruk. Scott juga menyarankan Megan untuk pergi berobat ke psikolog. Namun pertemuan Megan ke psikolog dan ke tempat kerja barunya mengubah kehidupannya.

Berikutnya ada tokoh Anna. Anna digambarkan sebagai wanita menyebalkan. Ia merebut suami Rachel dan sangat membenci mantan istri suaminya. Ia akan melakukan apapun untuk menjauhkan Rachel dari suaminya. Selama pernikahannya dengan Tom, ia selalu merasa terganggu dengan Rachel yang ia selalu ‘beredar’ di dekatnya, Tom, dan anaknya, Evie.

Ketiga tokoh wanita di buku ini berhubungan dengan suatu misteri. Rachel, si tokoh utama, yang kecanduan alkohol, berusaha memulihkan ingatannya saat ia dalam pengaruh alkohol. Misteri yang dihadapinya ada hubungannya dengan peristiwa saat ia dalam pengaruh alkohol. Fakta terungkap satu-per satu. Ada tentang cinta, obsesi, juga kekerasan.

Alur cerita yang maju mundur nggak bikin pembaca jadi pusing,malah makin penasaran. Trus, penulis novel bercerita dari sudut pandang ketiga wanita di atas. Jadi pembaca merasa jadi seperti tokoh tersebut. Kita seolah sedang menonton film sekaligus menjadi tokoh dalam film yang kita tonton.

Buku ini oke banget. Biarpun tebal, nggak terasa bacanya. Seru!! Komentar-komentar yang dicantumkan di belakang buku juga sesuai dengan isinya. Ada komentar dari Vanity Fair, Publisher’s Weekly, New York Daily News, dll.   Karena itu,  buku ini saya beri rating 4,5 dari skala 5.

17 thoughts on “[Review Buku] The Girl on The Train

  1. Klo ga salah ini buku pemenang best book 2015 genre thriller deh mba.. Gue lihat di goodreads thn lalu, ironinya gue blm baca. Karena alesan *boke* klo mau beli novel tebel. Hihii

    Like

  2. ah iyaa.. ini salah satu buku yg aku baca thn lalu.. thriller tp agak lambat yaa.. dan aku tuh bisa ikut sebel banget kalau rachel tu lagi mabok..

    jd ingat, mau ngulang lagi ah #klogakmalas

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: