[Review Buku] Holy Mother

Cerita di Halaman Belakang Buku:

Terjadi pembunuhan mengerikan terhadap seorang anak laki-laki di kota tempat Honami tinggal. Korban bahkan diperkosa setelah dibunuh.

Berita itu membuat Honami mengkhawatirkan keselamatan putri satu-satunya yang dia miliki. Pihak kepolisian bahkan tidak bisa dia percayai.

Apa yang akan dia lakukan untuk melindungi putri tunggalnya itu?

Sinopsis:
Honami adalah seorang ibu yang bekerja sebagai penerjemah. Ia sangat menyayangi putrinya dan selalu berusaha melindungi anak satu-satunya itu. Suati hari ada kasus pembunuhan di kota tempat ia tinggal. Padahal ia mengira kota kecil tempat ia tinggal itu sudah aman. Tetapi bisa terjadi pembunuhan, terhadap anak kecil pula. Honami pun sangat khawatir. Ia mencoba mencari tahu tentang pembunuh tersebut.

Suatu malam, Honami melihat ada seseorang yang mencurigakan. Ia melaporkannya pada polisi. Polisi yang bertugas dalam kasus pembunuhan tersebut adalah Tanizaki dan Sakaguchi. Kedua detektif ini bertugas bertanya pada penduduk yang rumahnya dekat dengan rumah korban. Mendengar info dari Honami, kedua detektif tersebut mengatakan akan membantu. Tetapi Honami tidak percaya begitu saja dengan perkataan detektif tersebut.

Di satu sisi, ada seorang anak SMA bernama Makoto. Ia bekerja sambilan di sebuah minimarket. Minimarket tempat ia bekerja juga diperiksa polisi karena korban pembunuhan terakhir kali terlihat di minimarket tersebut. Makoto juga ikut diperiksa.

Setelah kasus pembunuhan tersebut, ternyata ada lagi kasus pembunuhan dengan cara yang sama. Korbannya juga seorang anak kecil. Baik polisi maupun Honami berusaha mencari tahu siapa pelaku pembunuhan tersebut.

Review:
Jika melihat teaser di halaman belakang buku, jujur saya tidak tertarik. Kayaknya biasa saja dan nggak greget. Tapi saya tetap beli buku ini karena pengarangnya adalah Akiyoshi Rikako. Beliau adalah salah satu pengarang buku yang endingnya nge-twist, nggak tertebak. Lalu, karena beberapa teman yang sudah baca buku ini mengatakan buku ini sangat keren.

Buku ini banyak menceritakan tentang proses terjadi embrio. Banyak pengetahuan kedokteran tentang kehamilan. Bab awalnya agak berat, karena seperti membaca buku biologi. Lalu, tentang kasus pembunuhan terhadap anak kecil, digambarkan sangat jelas juga. Jadi berasa nonton film pembunuhan. Penggambarannya mendetil sekali. Jadinya ngeri dan agak jijik.

Walaupun bab awalnya agak bikin ngantuk, setelah baca seperempat bagian, ternyata sangat seru. Endingnya pun nggak tertebak. Benar-benar keren!

Ada tiga tokoh utama di buku ini: Honami, detektif (Tanizaki dan Sakaguchi), dan Makoto. Masing-masing tokoh diceritakan dalam bab terpisah. Misahnya di bab 1 tentang Honami. Lalu bab berikutnya tentang Makoto dan bab selanjutnya tentang detektif. Kalau nggak terbiasa membaca buku yang sudut pandang tokohnya berbeda-beda mungkin agak pusing. Tapi tenang saja, buku ini sangat oke, kok!

Rating:
Saya beri 4,8 bintang dari skala 5.

Informasi Buku:
Judul: Holy Mother
Pengarang: Akiyoshi Rikako
Penerbit: Penerbit Haru
Tahun Terbit: 2016
Jumlah halaman: 284 halaman
ISBN: 978-602-7742-96-3

Advertisements

6 thoughts on “[Review Buku] Holy Mother

  1. Novelis Jepang memang rata-rata jenius, saya yang sama sekali awam terhadap Jepang aja bisa termehek-mehek dan seolah mengalami sendiri dalam cerita. Eh kok jadi nglantur begini ya… Terusin sajalah, reviewnya bagus, bisa jadi wishlist book selanjutnya nih.

    Liked by 1 person

      1. Buku-bukunya Takashi Matsuoka : Kastel Awan Burung Gereja dan Jembatan Musim Gugur. Kemudian buku-buku Eiji Yoshikawa Story of Heike dan Musashi. Termehek-mehek, terbakar, termotivasi, marah, benci, leleh cinta semua perasaan campur aduk. Buku-buku itu masuk dalam master piece lah di kepustakaan aku. Heuheuheu

        Liked by 1 person

  2. Suka baca buku Jepang kalau ceritanya detektif. Ada sesuatu dalam penuturan mereka yg bikin kita jadi bisa berimajinasi lebih. Dulu baca Tokyo Zodiac Murder.Keren bgt. Akiyoshi Rikako karyanya juga keren2…

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.