5 Pelajaran tentang Hidup yang Bisa Kamu Pelajari dari Film Reunited Worlds

Eits, jangan karena judul artikel ini ada kata ‘pelajaran’nya kamu jadi antipati gitu. Pelajarannya nggak berat kayak rindunya Dilan dan Milea, lho! Yang berat-berat kasih ke Dilan aja. 😀  Yang mau aku bahas di sini adalah film Drama Korea yang berjudul Reunited Worlds.

Film ini berkisah tentang Sung Hae Sung yang meninggal di usia muda, di tahun terakhirnya di SMA. Ia ditabrak mobil di malam hari saat hendak mencari bantuan untuk temannya, Yang Kyung Chul, yang pingsan di ruang seni di sekolahnya. Nah, si Hae Sung ini kemudian hidup kembali 12 tahun kemudian. Kenapa? Itulah yang dicari tahu olehnya. Jadi dia mencari semua keluarganya, teman-teman dekatnya, dan pacarnya yang cantik, Jung Won.

Orang dekat pertama yang dia temui adalah sahabatnya, Shin Ho Bang, yang bekerja sebagai detektif. Tentu saja sahabatnya ini terkejut setengah hidup melihat Hae Sung tiba-tiba muncul. Ia mengira Hae Sung adalah hantu. Tetapi Hae Sung bukan hantu. Ia berwujud manusia yang bisa makan dan minum juga merasa sakit. Tapi ia punya kemampuan khusus yaitu bisa cepat sembuh dari luka, pendengarannya tajam, dan bisa mengangkat barang berat dengan mudah.

Di kehidupan yang sekarang, teman-teman Hae Sung dan keempat adiknya tentunya sudah dewasa. Hanya Hae Sung sendiri yang masih sama seperti 12 tahun yang lalu. Hae Sung mendapati bahwa ia dituduh membunuh Yang Kyung Chul. Adik-adiknya hidup menderita karena dicap sebagai adik pembunuh. Akhirnya Ho Bang membantu Hae Sung untuk memulihkan nama baiknya dan mencari tahu siapa sebenarnya pembunuh Yang Kyung Chul.

Film yang terdiri dari 40 episode (35 menit tiap episodenya) ini sangat menyentuh. Banyak pelajaran tentang kehidupan yang bisa dipetik dari film ini, di antaranya:

1. Di mana ada kemauan, di situ ada jalan.
Dalam film ini, Hae Sung bercita-cita ingin membuka restoran. Ia menginginkan agar adik-adiknya bisa hidup makmur dengan adanya restoran tersebut. Hae Sung yang hobi masak terus belajar untuk meningkatkan kemampuannya. Setelah ia hidup lagi, ia terus berusaha mewujudkan mimpimya untuk bisa membuka restoran dan membahagiakan adik-adiknya. Akhirnya berhasil? Yes, of course!

Mungkin ini kelihatan klise, ya. Sudah biasa sih kalau orang bijak bilangnya begitu. Kalau kamu menginginkan sesuatu, berjuanglah untuk mendapatkannya. Halangan dan rintangan pasti ada. Tapi kalau kamu berusaha keras, kamu pasti bisa. Nah, jika sudah berjuang tapi nggak berhasil? Ya, mungkin itu belum rezekimu. Jangan dibikin stress, ah!

2. Jangan mudah berasumsi, cari tahu dulu kebenarannya.
Di film ini diceritakan bahwa adik-adik Hae Sung masing-masing hidup sendiri dalam kemarahan karena merasa almarhum kakaknya adalah penjahat, sehingga orang-orang tidak mau bergaul dengan si adik-adik ini. Ternyata mereka salah. Hae Sung bukan pembunuh. Lalu, adik-adik Hae Sung sendiri ternyata punya alasan tertentu mengapa mereka bisa hidup berpencar. Sung Hae Chul adik laki-laki Hae Sung bekerja sebagai tukang tagih yang suka berkelahi. Hae Sung marah-marah padanya. Lalu terungkap bahwa Hae Chul bekerja seperti itu karena hanya pekerjaan itu yang bisa dilakukannya. Orang lain tidak ada yang mau menerimanya karena ia dianggap adiknya penjahat. Lalu, ternyata Hae Chul harus menghidupi anaknya yang masih kecil. Ia ternyata ditinggal lari oleh istrinya.

Kadang kita suka mengira-ngira tentang sesuatu lalu mengambil kesimpulan. Padahal apa yang kita simpulkan itu belum tentu benar. Sebelum mengambil kesimpulan terhadap sesuatu ada baiknya dicari tahu dulu kebenarannya.

3. Kebenaran pada akhirnya akan terungkap.
Dalam pencarian siapa sebenarnya pembunuh Yang Kyung Chul, Hae Sung dan Ho Bang punya beberapa orang tersangka. Tae Hoon, sahabat mereka, merasa ia dan ayahnya bersalah pada keluarga Hae Sung. Tapi akhirnya kebenaran terungkap. Penjahat yang mencoba menutup-nutupi kesalahannya dengan berbagai cara akhirnya ketahuan.

4. Kesempatan tidak datang dua kali. Jangan sia-siakan kesempatan itu!
Hae Sung datang kembali ke dunia secara tiba-tiba. Ia juga nantinya akan menghilang lagi dari dunia. Jung Won, pacarnya, merasa ia harus memanfaatkan waktu bersama Hae Sung dengan sebaik-baiknya. Suatu ketika, ada orang yang melihat gambar kartun yang dibuat Jung Won. Orang itu ternyata berasal dari perusahaan penerbitan besar. Ia menawarkan Jung Won untuk bekerja dan menerbitkan komik. Awalnya Jung Won menolak. Ia merasa jika ia mengambil pekerjaan itu, waktunya bersama Hae Sung akan berkurang. Tetapi Hae Sung mengatakan itu kesempatan yang baik untuk karir Jung Won. Jung Won pun menerima tawaran pekerjaan itu dan akhirnya bisa menerbitkan komiknya.

5. Hiduplah seolah-olah hari ini adalah hari terakhirmu. Lakukan apa yang ingin kaulakukan!
Ini adalah inti dari film ini. Reunited Worlds. Hae Sung kembali ke dunia dan berkumpul kembali dengan keluarga dan para sahabatnya. Ia cuma punya waktu beberapa bulan untuk hidup. Karena waktu yang terbatas, ia melakukan apa saja untuk membahagiakan orang-orang yang disayanginya. Ia benar-benar memanfaatkan waktunya yang tersisa dan tidak menyia-nyiakannya.

* * *

Kamu penasaran sama filmnya? Atau, ada yang sudah nonton? Yuk bagikan pendapatmu di kotak komentar.

* * *

sumber gambar: asianwiki.com

Informasi Film:
Judul: Reunited Worlds
Genre: Fantasy, Romance
Jumlah episode: 40 (35 menit tiap episode)
Stasiun TV: SBS
Rilis: Juli – September 2017
Pemain:
Yeo Jin Go sebagai Sung Hae Sung
Lee Yeon Hee sebagai Jung Jung Won
Lee Si Un sebagai Shin Ho Bang
Ahn Jae Hyeon sebagai Cha Min Joon
Kim Jin Woo sebagai Cha Tae Hoon
Kwak Dong Yeon sebagai Sung Hae Chul

4 thoughts on “5 Pelajaran tentang Hidup yang Bisa Kamu Pelajari dari Film Reunited Worlds

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: