Membandingkan K-Drama Familiar Wife dengan Go Back Couple

Pliss deh jangan membanding-bandingkan. Lo kalau dibanding-bandingkan sama orang lain pasti nggak suka, kan?

Ya begitulah, dibanding-bandingkan tuh rasanya nggak enak. Tapi kali ini aku pengen banget membandingkan dua serial K-Drama yang baru selesai aku tonton. Beberapa waktu yang lalu aku nonton Go Back Couple yang bercerita tentang kehidupan suami istri yang mendadak kembali ke masa lalu setelah mereka bercerai. Mereka kembali menjalani masa-masa awal pertemuan mereka. Lalu mereka menyadari bahwa mereka tuh sebenarnya masih saling mencintai. Nah, kali berikutnya aku nonton Familiar Wife. Soalnya beberapa teman merekomendasikan film ini. Beberapa ada yang membandingkan juga sih…

Familiar Wife bercerita tentang Cha Joo Hyuk (diperankan oleh Ji Sung) yang menikah dengan Seo Woo Jin (diperankan oleh Han Ji Min). Ceritanya Cha Joo Hyuk sudah menikah sekian tahun dan dikaruniai dua orang anak. Anak-anaknya masih balita. Suami istri ini sama-sama bekerja. Cha Joo Hyuk bekerja di bank sebagai asisten manager sedangkan Seo Woo Jin bekerja di klinik kecantikan sebagai therapist. Karena sama-sama bekerja, mereka kerepotan sekali setiap pagi karena harus bangun pagi dan mengantar balita mereka ke tempat penitipan anak. Mereka juga harus mengatur waktu untuk menjemput anak.

Seo Woo Jin digambarkan sebagai istri yang galak. Ia suka marah-marah, berteriak, dan memukul Cha Joo Hyuk. Saat Cha Joo Hyuk ketahuan membeli mainan game, istrinya marah-marah. Suatu malam istrinya melemparinya dengan kepiting sehingga membuat wajah Cha Joo Hyuk terluka. Akibatnya Cha Joo Hyuk tidak tahan dan ingin bercerai.

Suatu hari, ada bapak-bapak memberinya koin 5 sen bertahun 2006. Malam harinya saat Cha Joo Hyuk mengendarai mobil, ia menemukan keanehan di jalan yang dilaluinya. Ada semacam gerbang tol aneh yang hanya menerima koin sen. Ia memasukkan koin yang diberikan bapak-bapak aneh tadi. Lalu ia terbangun di tahun 2006.

Rupanya perjalanannya ke tahun 2006 mengubah nasibnya di masa kini. Cha Joo Hyuk pun mengubah masa lalunya. Seharusnya ia bertemu dengan istrinya Seo Woo Jin pada tahun tersebut. Tetapi ia mengabaikan Seo Woo Jin dan pergi dengan cinta pertamanya, Lee Hye Won. Saat terbangun di pagi harinya, nasibnya berubah. Ia terbangun di rumah yang besar. Istrinya juga berubah, bukan lagi Seo Woo Jin melainkan Lee Hye Won. Ia menjadi kaya raya. Namun, ia masih kerja di bank.

Kehidupannya sebagai suami Lee Hye Won tak lepas dari masalah. Lee Hye Won yang berasal dari keluarga kaya tentunya kurang bisa bergaul dengan keluarga dan teman-teman Cha Joo Hyuk yang berasal dari keluarga biasa. Makanan yang dimakan dan gaya hidup orang kaya tentunya juga berbeda. Cha Joo Hyuk juga harus menurut perkataan istri dan keluarganya.

Kemudian, di kantor Cha Joo Hyuk kedatangan seorang karyawan baru. Rupanya yang datang adalah Seo Woo Jin. Tentu saja Cha Joo Hyuk terkejut. Padahal ia tidak ingin lagi bertemu dengan ‘mantan’ istrinya. Yang lebih mengejutkan adalah penampilan Seo Woo Jin ternyata apik banget. Nggak kayak pas dia jadi istri Cha Joo Hyuk. Di ‘masa yang baru’ ini Seo Woo Jin cantik banget. Sedangkan pas jadi istri, ia nggak pakai make up dan penampilannya berantakan banget. Trus karirnya Seo Woo Jin juga bagus. Ia digambarkan sebagai wanita yang cerdas dan berpendidikan. Nggak kayak pas jadi istri di ‘masa lalu’.

Di ‘masa yang baru’, Seo Woo Jin tidak mengingat bahwa ia pernah menikah dan punya anak. Perjalanan waktu membuat nasib setiap orang berubah termasuk nasib Seo Woo Jin. Namun ia sering bermimpi tentang masa-masa saat bersama dengan Cha Joo Hyuk. Ibunya yang menderita Alzheimer pun menganggap ia sudah menikah. Nah, di sinilah petualangan Cha Joo Hyuk dimulai… Konflik pun bermunculan.

* * *
Kalau di film Go Back Couple, suami istri Choi Ban Do dan Ma Jin Joo sama-sama mengingat kehidupan mereka sebelum pindah ke masa lalu. Nah, di drama Familiar Wife ini hanya Cha Joo Hyuk, sang suami, yang ingat kehidupan masa lalunya. Kalau dari segi cerita, Go Back Couple lebih seru. Familiar Wife ini biasa saja menurutku. Alur cerita di Familiar Wife agak lamban. Nggak greget kayak di Go Back Couple. Kalau film Go Back Couple, pengennya lanjut terus nonton filmnya. Di Familiar Wife biasa saja. Nggak lanjut pun nggak apa-apa, besok-besok masih bisa. Nggak terlalu bikin penasaran. Di episode agak akhir aja yang bikin penasaran. Lalu, dari segi aktor dan aktris, aku juga lebih suka Go Back Couple karena pemainnya lucu-lucu. Yang di Familiar Wife ini nggak terlalu lucu.

Nah, dari segi pembelajaran hidupnya… Familiar Wife lebih oke dari Go Back Couple. Film Familiar Wife ini mengajarkan bahwa nggak ada pasangan yang sempurna. Mau lo nikah sama si itu atau si ini, semua ada plus minusnya. Trus namanya kehidupan pernikahan ya harus pinter-pinter ngatur waktu dan harus ada quality time dengan pasangan, juga yang terpenting ada komunikasi. Dan yang paling penting, kalau lo mau istri lo selalu tampil ketje, lo harus kasih modal, dong! Lo para suami mesti baik sama istri karena kebaikan suamilah yang menentukan apakah istrinya bakal jadi monster atau jadi malaikat. Haha!

Berikutnya masalah rating…
Filmnya lumayan oke. Aku beri nilai 4 dari skala 5. Kalau kalian belum nonton Go Back Couple, lebih baik nonton film ini dulu deh. Setelah nonton Familiar Wife baru deh nonton Go Back Couple. Hehe.

sumber gambar: asianwiki.com
sumber gambar: asianwiki.com

Informasi Film:
Judul Film: Familiar Wife / Wife That I Know
Genre: Romance, Fantasy
Jumlah Episode: 16
Rilis: Agustus 2018
Stasiun TV: tvN
Pemain:
Ji Sung sebagai Cha Joo Hyuk
Han Ji Min sebagai Seo Woo Jin
Kang Han Na sebagai Lee Hye Won
Jang Seung Jo sebagai Yoon Jong Hoo, sahabat Cha Joo Hyuk
Oh Eui Sik sebagai Oh Sang Sik, sahabat Cha Joo Hyuk
Park Hee Von sebagai Cha Eun Joo, adik Cha Joo Hyuk

Advertisements

14 thoughts on “Membandingkan K-Drama Familiar Wife dengan Go Back Couple

  1. Susah emang utk ga membandingkan dua drama ini tmya grant. Aku setuju dengan pendapatmu…kalau soal pelajaran hidup utk married couple, si familiar wife ini justru lebih real dan detail. Cumaaa ya agak bosan …but both are worth to watch

    Liked by 1 person

  2. Salah satu drama yg udah masuk whist list. Tp belum ada waktu huaaaaa.. Tp agak susah ni klo jd end up banding2-in dua drama, pasti bias. Apalagi aku dan suami suka bgt ama go bacj couple..

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.