[Review Buku] Another

Buku ini adalah buku yang sangat ditunggu-tunggu abad ini. Bukunya terbagi menjadi dua. Jadi semacam novel bersambung gitulah. Walaupun ada dua buku, Another 1 dan Another 2, aku sih nggak masalah baca novel bersambung ini. Penyebabnya tak lain tak bukan adalah gambar-gambar yang diposting oleh akun @penerbitharu di instagram. Yuk, disimak….

View this post on Instagram

Selamat sore semuanya! Di sini ada nggak sih yang peka dengan hal-hal mistis? 😱😱 . . Sakakibara Kouichi harus pindah sekolah pada musim semi 1998. Tapi kelas barunya ini aneh. Ada seorang cewek yang duduk di pojokan kelas, tapi seisi kelas nggak bisa melihat dia! . . Siapa dia? Dan kenapa seisi kelas tampak ketakutan? . . Penasaran, kan? Yang sudah baca atau tahu cerita #NovelAnother diharap jangan spoiler yaa. . . Pokoknya novel ini pas banget dibaca malem-malem sambil sedia cemilan kembang kantil #waduh πŸ˜‚πŸ˜‚ . . Hati-hati sama penampakan yang tidak diinginkan, ya! Selamat berakhir pekan! . . Pembelian buku ke @owlbookstore baca sinopsisnya di @katalogharu . #novelanother #novelhoror #horror #noveladdict #novel #bacaituseru #ayobacabuku #bukujepang #jepang #anime #manga #lightnovel #mistery #horrorstories #liveaction #yamazakikento #ayobacabuku

A post shared by Penerbit Novel-Novel Asia (@penerbitharu) on

Nah, bagi penggemar genre thriller pasti akan menjadi sangat penasaran dengan cerita Another karangan author Jepang, Ayatsuji Yukito, ini. Apalagi kalau baca sinopsis di belakang buku.

Sinopsis di Buku 1:
Musim semi tahun 1998, Sakakibara Kouichi harus pindah sekolah ke SMP Yomiyama Utara dan masuk ke kelas 3-3. Namun, kelas 3-3 tampak begitu ketakutan akan sesuatu, hal yang tidak bisa dia jelaskan.

Ingin tahu apa yang membuat mereka ketakutan, Sakakibara mencoba mendekati Misaki Mei. Namun tanpa dia sadari…. dia melakukan kesalahan.

Kesalahan besar yang membuat teror dan kengerian mulai merebak….

Sinopsis di Buku 2:
Musim semi tahun 1998, Sakakibara Kouichi harus pindah ke SMP Yomiyama Utara dan masuk ke kelas 3-3. Namun, kelas 3-3 tampak begitu ketakutan akan sesuatu, hal yang tidak bisa dia jelaskan.

Sakakibara akhirnya mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di kelas 3-3, tapi teror tak juga berhenti.

Akankah teror itu berakhir dan kelas 3-3 bertahan? Atau, akankah seluruh kelas mati bersimbah darah?

Sinopsis versiku:
Sakakibara Kouichi pindah sekolah ke SMP Yomiyama Utara. Di sana jauh dari Tokyo. Yomiyama adalah kota kelahiran almarhum ibunya. Tepat sebelum masuk sekolah, Sakakibara menderita sakit paru-paru. Saat dirawat di rumah sakit, ia bertemu dengan anak perempuan yang aneh. Lalu, setelah sembuh, bibinya, Reiko-san, menceritakan tentang Tujuh Keanehan Yomi Utara. Itu adalah cerita hantu. Namun tentu saja Sakakibara tidak langsung percaya.

Saat akhirnya Sakakibara masuk sekolah, ia melihat anak perempuan aneh ada juga di kelasnya. Anak itu juga aneh di kelas. Namanya Misaki Mei. Orang-orang di kelas tidak menggubris Misaki. Namun Sakakibara tidak menyadarinya. Ia mencoba berteman dengan Misaki.

Sakakibara mendengar cerita tentang kelas 3-3. Ceritanya adalah tentang seorang anak bernama Misaki. Anak itu sebenarnya pintar dan banyak orang yang menyukainya. Tetapi sebelum kelulusan, ia mati karena kecelakaan. Teman-teman sekelasnya, di kelas 3-3, mencoba mengenangnya dengan cara menganggap ia tidak mati. Pada saat kelulusan, semua mendapati Misaki nampak di dalam foto kelulusan.

Nama anak yang mati 15 tahun yang lalu sama dengan nama anak perempuan aneh di kelas 3-3. Sakakibara mencoba mencari tahu tentang cerita-cerita seram yang ia dengar. Ia mengikuti Misaki teman sekelasnya. Lalu mendapati dirinya berdiri di depan toko boneka yang aneh. Nama toko itu Senja yang Melihat Malam Milik Mata Biru Kosong. Saat masuk ke dalam toko, ia merasakan aura yang aneh. Barang-barang di toko juga aneh. Tiba-tiba Misaki muncul entah dari mana. Mereka mengobrol sebentar.

Beberapa waktu kemudian, setelah Sakakibara mencoba mencari tahu tentang kebenaran cerita hantu, terjadilah teror menakutkan. Ada teman sekelasnya tewas di sekolah. Kemudian, perawat yang menjadi teman Sakakibara juga ikut tewas saat sedang berbicara dengannya di telepon. Teror mengerikan pun terus berlanjut.

* * *
Review:
Nah, penasaran nggak sih sama isi ceritanya buku Another ini? Aku baca dua buku ini nggak pake lama! Pokoknya ceritanya bagus banget. Bikin penasaran. Plot twistnya juga keren.

Di buku ini ada bagian introductionnya. Isinya adalah bisik-bisik orang, yang tidak dijelaskan siapa, tentang cerita-cerita aneh di SMP Yomiyama Utara. Mereka berbisik-bisik tentang Misaki. Dan segala hal yang akan membuat pembaca penasaran.

Lalu ada bagian Chapternya. Nah, di bagian Chapter ini, cerita dibagi menjadi per tanggal. Chapter mengisahkan tentang petualangan Sakakibara mencari kebenaran tentang cerita seram kelas 3-3.

Endingnya? Tak tertebak. Kalian baca sendiri deh bukunya. Nggak seru kalau diceritakan di sini. Hehe.

* * *
Kata-kata keren yang ada di buku:
“Maut itu… mungkin tidak ramah. Banyak orang bilang kematian itu tenang, tapi tidak seperti itu. Kematian sangat gelap… sampai ke mana pun, gelap. Sampai ke mana pun, sendirian.” ~hlm.63 (II)

Hanya saja, harapan adalah sesuatu tanpa dasar yang mudah berganti dengan optimisme kosong. ~hlm.66 (II)

Karena, perubahan itu ada. ~hlm.68 (II)

Waktu kupikirkan baik-baik, yang harus kutakutkan adalah iblis bernama rasa curiga yang membengkak. ~hlm.174 (II)

Boneka itu kosong. Tubuhnya, juga hatinya, sangat kosong, tidak ada apa-apa di dalamnya. Kekosongan itu terhubung pada maut. ~hlm.227 (II)

* * *
Reting:
Rating untuk buku yang keren ini adalah 4,8 dari skala 5. Favorit!

* * *
Informasi Buku
Judul Buku: Another
Pengarang: Ayatsuji Yukito
Penerbit: Penerbit Haru
Genre: thriller, misteri
Tahun Terbit: 2018
Jumlah halaman: 336 hlm (buku 1) dan 296 hlm (buku 2)

Advertisements

7 thoughts on “[Review Buku] Another

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.