Di Antara Dua Pilihan

Saat ingin mengambil keputusan, pilihannya hanya ada dua: YA atau TIDAK. 

Dalam hidup ini, ada banyak pilihan yang bisa kita ambil. Tapi terkadang rasanya sulit untuk mengambil keputusan jika dihadapi dengan banyak pilihan. Pilihan-pilihan tersebut tentu ada baik dan buruknya. Cara termudah adalah dengan menghitung jumlah sisi positif yang dimiliki oleh setiap pilihan. Namun, sekali lagi…. kita masih saja harus menimbang-nimbang. Antara ya atau tidak.

Dalam dunia blog juga begitu. Anda ingin menjadi blogger part time atau full time? Jika menjadi blogger part time, Anda hanya perlu menulis saat Anda mau menulis. Tapi jika menjadi blogger full time, mau tak mau, setiap hari Anda harus menulis.

Blogger full time biasanya dikaitkan dengan pekerjaan. Pekerjaan utamanya ya blogger (seorang penulis blog). Ia mendapatkan uang dari hasil tulisannya di blog. Dan biasanya blognya juga berbayar, nggak lagi memakai domain .wordpress.com atau .blogspot.com.

Then… what about me?

Menurutku….
Menulis itu untuk menenangkan hati.
Menulis untuk melatih otak supaya tidak cepat pikun.
Menulis itu untuk berbagi apa yang ada dalam pikiran.
Menulis itu untuk mengungkapkan apa yang tidak dapat dikatakan dalam bahasa lisan.
Menulis itu untuk berbagi cerita mulai dari yang konyol, seru, sampai cerita garing yang membosankan.
Dan terakhir… menulis adalah hobi.

Memang sih, dari menulis di blog, ada orang-orang yang bisa mendapatkan uang. Tapi… terserah sih. Itu jalan hidup mereka. Memang nggak tertutup kemungkinan bahwa suatu saat nanti aku mungkin juga akan seperti mereka yang menjadi blogger full time. Tapi, sekarang aku memilih bekerja. Mengerjakan pekerjaan utamaku. Mengutamakan pekerjaan yang bisa dibilang sudah pekerjaan tetap. That’s okay karena menulis saat ini hanyalah hobi.

Untuk saat ini, aku lebih memilih menjadi blogger part time. Kapan saja aku ingin menulis, ya tinggal tulis. Kalau lagi nggak mood banyak kerjaan, ya nggak usah nulis. Nggak perlu memaksakan diri. Termasuk dalam hal ikutan challenge menulis 30 hari ini. Kalau nggak terkejar ya nggak apa-apa. Nggak usah ambil pusing. Yang penting enjoy aja nulisnya.

Kalau kalian? Pilih jadi blogger full time atau blogger part time?

* * *

Tulisan ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Blog Challenge 2018 yang diadakan oleh Blogger Perempuan Network. Tema hari ke-22: Pilih menjadi blogger full time atau blogger part time.

Advertisements

18 thoughts on “Di Antara Dua Pilihan

  1. Tidak semua orang punya pilihan, Mbak. Itu bagus kalau kita punya pilihan. Tetapi setelah membaca bukunya Grant Cardone-sialnya seperti namamu, Grant-yang judulnya Be Obsessed or Be Average, terkadang kita harus menjadi gila dan terobsesi dan menempatkan diri kita pada situasi tidak punya pilihan atau kita hanya akan menjadi orang yang standar dan gini-gini aja. BTW buku tadi, merupakan 1 dari 10 buku terbaik yang saya baca tahun ini. 😁

    Like

  2. Wahaaaaaahaha yaak kurang lebih kita sama sih, mba. Karena pada awal menulis blog dulu cuma beranggapan kalau menulis untuk menyampaikan uneg-uneg dan juga refleksi diri, ya jadi tidak terlalu kepikiran untuk menjadikan blog sebagai sumber mata pencaharian utama kkwkwkw.

    Kalau nulis di blog? YA TETEP TERUS DONG PUN. ADA BANYAK HAL YANG HARUS DITUANGIN NIIIIIH BIAR TIDA STRESS-STRESS AMAT WKWKW 😀

    Like

  3. Kamu btul, Grant. Stuju dech pokoknya.

    Sy sendiri sih jg lbh mmilih part time blogger (meskipun sdh pkai paket premium), krn krjaan utama sy sdh ada (guru, PNS pula). Jd, mustahil lah jd full time blogger. Tp untuk nulis di blog sih ttp rutin aj nulis, pling lambat seminggu sekali, krn memang sdh ada jdwalnya kpn hrs rilis tulisan terbaru. Menulis terjadwal itu asyik loh..

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.