Tetapkan Target, Capai Suksesmu!

Mau tahu bagaimana caranya supaya bisa sukses? Menurut teori, caranya adalah:
1. Menentukan target yang ingin dicapai
2. Melakukan usaha untuk mencapai target
3. Jika gagal, belajar dari pengalaman
4. Terus berusaha sampai target tercapai
Dan ketika target telah tercapai, itulah yang dinamakan sukses.

Dalam dunia kerja, cara di atas lumayan sering saya praktekkan. Tentunya, dalam dunia kerja kita punya target yang harus dicapai. Apalagi kalau bekerja di bidang marketing atau pemasaran, biasanya atasan memberikan target harus bisa menjual sekian persen. Di sekolah swasta, harus bisa mendapatkan sekian murid dalam satu tahun ajaran. Jika tidak tercapai target biasanya ada sanksinya.

Dalam kehidupan sehari-hari, ada juga target-target sukses. Sukses tidak cuma soal materi. Sukses bisa juga dalam hal lain. Yang anak sekolah, ingin mendapat juara di kelas. Caranya harus belajar yang rajin. Anak kuliahan, kalau mau cepat wisuda ya skripsinya harus cepat diselesaikan. Yang ibu-ibu, ingin anaknya sehat dan pintar, maka ia harus mencari cara misalnya dengan memasak makanan sehat dan mengajari anaknya ini-itu. Yang mau mendapatkan hati gebetannya, ya harus berusaha juga supaya sang pujaan hati tertarik. Yang mau kurus, harus diet. Yang mau gemuk harus banyak makan. Dan masih banyak lagi target sukses lainnya.

Saat berusaha mencapai target yang diinginkan, terkadang jalan yang dilalui tidak selalu mulus. Sama saja kayak jalan tol, terkadang ada kecelakaan yang membuat perjalanan jadi terhambat. Saat ingin mencapai kesuksesan, pasti ada tantangan, hambatan, dan kegagalan yang harus dihadapi. Jika kita sudah bertekad, kita pasti bisa menjalaninya. Kesuksesan dapat kita raih walaupun harus jatuh bangun.

Terkadang, jika kita sudah bertekad, kita bisa menjadi sedikit nekad.

Bagaimana dengan blogging? Apakah ada targetnya juga?
Beberapa orang mungkin ada targetnya. Kalau aku, tahun depan akan tetap menulis di blog tapi nggak mau tetapkan target harus begini harus begitu. Tetap mengalir seperti air. Kalau ada waktu, diusahakan menulis. Temanya nggak jauh-jauh dari review film yang aku tonton (biasanya drama Korea), buku-buku yang aku baca, cerita sehari-hari, dan fiksi. Bukan nggak mau sukses di dunia blog, tapi lebih kepada tahu diri. Hehehe. Menulis di blog sampai saat ini masih menjadi hobi saja, bukan untuk mencari uang. Kalaupun ikut lomba blog, nggak terlalu berharap menang. Menang adalah bonus. Nggak menang nggak apa-apa. Kan dapat pengalaman. Trus, aku nggak juga menargetkan supaya dapat sekian ribu view atau sekian like. Yang penting menulis dan hatipun lega karena sudah menumpahkan segala ide-ide di blog.

Kalau kalian, adakah target blogging untuk tahun 2019 nanti?

* * *

Tulisan ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Blog Challenge 2018 yang diadakan oleh Blogger Perempuan Network. Tema hari ke-30: Target Blogging tahun 2019.

Advertisements

10 thoughts on “Tetapkan Target, Capai Suksesmu!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.