Seperti Bunga Mawar

Bunga mawar tuh cantik
Warna-warninya cerah
Enak dipandang
Bikin adem hati yang melihatnya

Bunga mawar tuh wangi
Harum segar
Baunya nggak menyengat
Sungguh memesona

Bunga mawar tuh…
Bikin jatuh cinta
Bikin orang ingin memetiknya
Lalu memilikinya

Tapi…
Bunga mawar tuh berduri!
Kalau tak hati-hati
Ia akan melukai jari

Sama kayak manusia
Manusia ada yang cakep, ada yang cantik
Enak dipandang, enak dilihat
Tampak luarnya bikin semua menoleh

Paras boleh rupawan
Tapi hatinya siapa yang tahu?

* * *

Mawar cantik, mawar berduri
Tidak berarti ia selalu ingin melukaimu
Duri tajam adalah sarana perlindungan diri
Dari tangan-tangan iseng yang mengganggu

Sama juga seperti manusia
Ada sebuah benteng pertahanan diri
Yang mungkin tak tampak oleh mata
Agar tidak diganggu
Agar tak disakiti
Agar tak dilukai

Bukankah itu sama seperti bunga mawar?

Advertisements