Ayo Sekolah

“Kamu sudah umur segini, ngapain sekolah lagi?”

“Kamu perempuan, kok sekolah yang tinggi? Toh nanti bakal jadi ibu rumah tangga.”

“Buat apa sekolah, kan kamu sudah kerja?”

Banyak sekali pertanyaan yang diajukan saat seseorang tau bahwa temannya sekolah lagi. Aku kuliah, bukan S2, lho. Tapi S1. Tapi… Apa salahnya kuliah S1 di umur sekian, maksudnya di umur yang bukan waktunya lagi untuk kuliah S1. Nggak ada ketentuannya kan kuliah S1 harus di umur sekian? Kenapa harus malu menjadi ‘tua’ sendiri? Kan nggak maling atau ngerampok atau berbuat jahat.

Okelah, awalnya aku sekolah cuma buat dapat ijazah aja. Biar ada ‘tanda’ bahwa aku sekolah. Tapi saat kuliah perdana beberapa waktu yang lalu, ada dosen yang bilang: “Kuliah tuh jangan cuma mau dapat sertifikatnya saja! Dengan kuliah, berarti kamu dapat ilmu. Ilmu itu bisa kamu praktekkan untuk menjadi seorang profesional. Walaupun kamu bukan bekerja di bidang yang sesuai jurusan, jadilah profesional di bidang lain. Kalau tidak bekerja, jadilah profesional di rumah, di keluarga, di masyarakat.”

Orang profesional itu yang bagaimana? Orang yang tidak hanya menggunakan otaknya tapi juga beretika dan bertanggung jawab dalam bidang yang ditekuninya. Sebagai mahasiswa, jadilah mahasiswa yang profesional. Sebagai karyawan, jadilah karyawan yang profesional. Sebagai ibu rumah tangga, jadilah ibu rumah tangga yang profesional. Sebagai suami, jadilah suami yang profesional. Sebagai anak, jadilah anak yang profesional.

Setelah mengikuti beberapa kali pertemuan kuliah, saya baru tahu ternyata benar kata Bu Dosen. Banyak ilmu yang didapat dari sekolah. Selain ilmu pelajaran, bisa juga dapat info-info lainnya. Contohnya kisah-kisah hidup yang menginspirasi. Yang masih SD, SMP, atau SMA, selain dapat ilmu pelajaran juga bisa mendapat banyak teman, belajar berorganisasi di sekolah, mengenal sifat-sifat orang. Menurutku, nggak rugilah kalau sekolah tuh. Tergantung manusianya bisa ‘bawa diri’ atau nggak.

Ayo sekolah, ayo belajar. Belajar supaya wawasan menjadi lebih luas. Belajar demi masa depan yang cerah. Semangat!!

Advertisements

3 thoughts on “Ayo Sekolah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.