Anak Muda Harus Semangat

Aku selalu senang kalau ada orang yang bercerita tentang cita-citanya dan ide-idenya untuk masa depan. Apalagi kalau hal yang dikatakannya itu masuk akal dan menginspirasi. Dan orang itu begitu semangat dalam menjalani hidupnya. Jadi tertular semangatnya.

Cerita inspirasi yang aku dengar hari ini seperti ini…

Ada seorang anak muda. Dia hanya tamat SMA. Dalam pikirannya, tidak perlu kuliah karena dia merasa tidak perlu. Yang diperlukannya adalah keahlian. Belajar sesuatu. Dan dia senang belajar hal-hal baru yang berguna.

Di usianya yang masih muda, dia pindah kerja ke sana-sini. Pernah kerjanya menjadi sales, kerja di toko, mengajar les anak-anak SD, guru ekstrakurikuler, kerja di bagian administrasi, dan lain-lain. So what kalau kerjanya pindah-pindah? Masih muda, masih dalam tahap mencari sesuatu yang nantinya akan disukai.

Biarpun demikian, dia punya cita-cita untuk kerja di kota lain. Dia ingin mendapatkan pengalaman dan membuka wawasan. Gaji kecil tak masalah asalkan cukup untuk hidup. Yang penting ilmu dan pengalamannya dulu.

Lalu ia berkata, “Kita yang kerja kantoran ini, tidak mungkin selamanya akan kerja kantoran. Kalau sudah tua, kita harus punya keahlian agar bisa digunakan di hari tua itu. Misalnya make up. Atau gunting rambut.”

Lalu ia juga berkata, “Seandainya nanti sudah punya rumah dan rumah yang dimiliki itu jauh dari kota, saat tidak bekerja lagi di kantor, keahlian yang dimiliki tentunya sangat berguna untuk menunjang hidup.”

Selain itu, ia juga punya pandangan tentang perlunya punya rumah. “Kalau kamu sudah punya pasangan, pasti ingin menikah, kan? Nah, kamu harus punya rumah. Jangan bergantung pada orangtua. Rumah itu tidak perlu yang mewah atau besar, yang penting bersih dan nyaman untuk ditinggali.”

* * *

Pelajari keahlian yang kamu sukai. Kalau suka musik ya belajar. Kalau suka kerajinan tangan, pelajari. Kalau suka komputer, belajar juga. Kalau suka bahasa, banyak baca buku dan belajarlah. Nggak akan rugi kamu belajar. Belajar nggak mengenal umur. Di umur berapa pun kamu bisa belajar.

Masih muda harus semangat. Gunakan waktu dengan baik. Cari uang. Tabung uangnya untuk masa depan. Masa depan harus dipikirkan juga. Jangan cuma mikirin masa sekarang.

* * *

Oke sip. Ayo semangat juga!!

Advertisements

19 thoughts on “Anak Muda Harus Semangat

  1. Aku suka pemikiran anak itu mbak… out of the box… banyak dari kita yang terlalu mengejar ijazah.. padahal esensi dari sebuah pekerjaan adalah berbicara tentang kemampuan atau kehalian… toh keahlian tidakharus didapat mellalui sekolah… perusahan sekelas Alibaba saja menerima karyawannya berdasarkan kemampuannya.. bukan ijazahnya…

    Aku yakin anak itu suatu saat tidak akan menjadi seorang karyawan… tapi seorang yang memiliki karyawan alias pengusaha…

    Like

  2. Setuju sama pemikirannya, memang kita perlu punya keahlian that’s why kalau ada kelas-kelas yang bermanfaat juga saya coba ikutan hehe salah satunya memasak πŸ˜€

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.