Ayo Cuci Tangan!

Kalau kita berkunjung ke Rumah Sakit, di dekat pintu-pintu masuk ke sebuah ruangan biasanya ada botol berisi cairan pembersih tangan. Kalau kita pergi ke tempat makan, juga ada tempat cuci tangan (kecuali tempat makan di tenda pinggir jalan). Kalau ke toilet di mall, ada tempat cuci tangan juga. Sebegitu pentingnyakah mencuci tangan itu?

Ada sebuah cerita yang cukup menarik yang pernah aku dengar. Waktu itu aku ikut seminar yang diadakan oleh sebuah Puskesmas. Seminarnya tentang Imunisasi Meases Rubella (MR). Itu penyakit yang beberapa waktu lalu sempat menghebohkan Indonesia sejagad raya. Penyakit berbahaya yang biasanya menyerang anak-anak. Jadi setiap anak harus disuntik/diimunisasi.

Nah, saat itu ada seorang ibu yang bertanya pada pembicara. Apakah boleh mengusap-usapkan bekas suntikan anak dengan tangan? Karena biasanya si ibu ini menenangkan anaknya yang kesakitan habis disuntik dengan cara mengusapkan tangannya ke bekas suntikan di tangan anak. Puk! Puk! Nak, nggak sakit lagi kok. Kan sudah ibu usap-usap….

Bapak pembicara mengatakan bekas suntikan itu tidak boleh diusap-usap pakai tangan. Bisa infeksi! Apalagi kalau belum mencuci tangan. Anda ingat tangan Anda itu habis memegang apa saja? Habis dari belanja di pasar, dapat uang kembalian dari pedagang. Uang itu entah dari tangan siapa yang entah dia habis ngupil trus pegang duitnya. Atau apakah ibu itu habis dari naik bus. Pegang di pegangan yang ada di bus. Pegangan itu entah habis dipegang orang yang habis dari toilet, buang air besar, cebok, tapi nggak cuci tangan. Kumannya bisa pindah ke tangan anak yang baru disuntik dan menyebabkan infeksi.

Hiiii! Serem banget nggak sih?

Lha, terus kalau kita mau makan nggak cuci tangan dulu, entah tangan kita habis pegang apa? Mungkin habis pegang pegangan eskalator yang tadinya dipegang orang yang habis utak-atik tanah dan di tanah itu entah ada bekas eek anjing atau eek kucing. Trus kita langsung makan aja tanpa cuci tangan. Kumannya masuk ke perut. Mantap betul itu!!

Ya… makanya di rumah sakit ada hand sanitizer. Biar kita bersihkan dulu tangan kita sebelum dan sesudah menjenguk orang sakit. Biar kuman yang kita bawa nggak nempel di pasien dan kuman dari pasien nggak nempel di kita. Makanya di restoran dan toilet mall ada tempat cuci tangannya. Biar kita nggak termakan kuman dan kuman dari kita nggak termakan orang lain.

Kapan harus cuci tangan?
1. Sebelum dan sesudah makan
2. Sebelum dan sesudah menjenguk orang sakit
3. Sebelum dan sesudah memasak
4. Sebelum tidur dan sesudah bangun tidur
5. Sesudah aktivitas di wc/toilet
6. Sebelum berinteraksi dengan anak kecil/balita. Misal mau ajak bermain atau mau bersihkan balita.
7. Sesudah bermain dengan hewan peliharaan
8. Sesudah melakukan aktivitas yang kotor misalnya sesudah menanam pohon, nyuci motor, nyapu, ngepel
dst…

Kalau ada yang mau menambahkan, yuk mari isi di kolom komentar.

Satu hal lagi yang harus diingat, cuci tangannya pakai sabun ya… Biar bersih!

* * *

Blog Challenge September hari ke-14. Tema bebas.

2 thoughts on “Ayo Cuci Tangan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: