Hiatus dari Peradaban

Jika orang bilang jatuh cinta tuh berjuta rasanya, maka aku bilang putus cinta tuh berjuta sakitnya.

Saat kamu jatuh cinta, kamu ajak teman-temanmu makan-makan. Lalu saat kamu putus cinta, apakah kamu akan pergi minum-minum?

Banyak sekali drama saat putus cinta, mulai dari nggak nafsu makan, nggak nyenyak tidur, masih mikirin dia, sedih, nangis, marah, kesal, kecewa, bete. Lalu ada drama blokir medsos dia. Setelah itu berubah pikiran dan membuka kembali blokiran. Dilanjutkan dengan kepoin medsos dia. Eh, pas kepoin medsosnya dia ternyata dia pasang foto orang lain dan diberi tanda lope-lope. Jreng! Jreng!! Sakitnya hati ini. Lo aja belum move on eh dia sudah sama orang baru?

Saudara-saudara yang terkasih dan saya hormati… Jika kamu baru putus dengan mantan dan dia bisa segera jadian dengan seseorang, percayalah bahwa orang tersebut sudah dekat dengan mantanmu sejak sebelum kalian putus!! Cinta nggak mungkin tumbuh dalam sekejab. Trus kamu masih mau nangisin dia yang sudah jelas nggak setia? Hellowww!!

Lalu…. Dari semua cerita drama itu, tentu saja ada sebuah kisah tentang usaha untuk move on.

Move on itu yang bagaimana? Apakah cepat-cepat punya pacar baru dan cepat-cepat punya gebetan baru berarti sudah move on?

Belum tentu!! Bisa jadi itu hanya pelampiasan aja. Atau untuk membuat mantan cemburu?? Biar dikatakan cepat move on? Ehm! Tapi ada juga tipe nggak setia yang sudah main belakang sejak masih pacaran dengan kamu. Dan setelah putus, dia bisa merdeka dan jadian dengan orang lain.

Kalau pasang foto seseorang supaya mantan cemburu, menurutku itu bukanlah hal baik. Ngapain sok-sok’an majang foto berdua dengan lawan jenis biar mantan cemburu? Itu malah bikin sakit hati!! Bikin makin benci.

Trus, biasanya nih… Kalau baru putus lalu langsung cari gebetan atau pacar baru, biasanya itu nggak akan bertahan lama. Kamu akan merasa bosan karena sebenarnya hatimu itu belum sembuh. Hati belum sembuh trus dipaksa biar menyukai orang lain. Itu malah akan bikin lebih sakit. Nantinya gebetan atau pacar barumu juga akan tersakiti kalau tahu dia cuma pelampiasan aja. Berapa banyak orang yang mau kamu sakiti?

Lalu, bagaimana caranya supaya cepat move on?

Menurutku itu adalah masalah waktu. Tergantung pribadi masing-masing. Kalau kata orang bijak tuh: Time will heal. Waktu akan menyembuhkan.

Jangan diingat-ingat. Kalau tiba-tiba teringat, alihkan perhatian. Cari kesibukan. Jangan menghubungi dia duluan kalau nggak penting banget, biar nggak baper. Ngapain juga hubungi dia? Nggak ada hubungan apa-apa lagi juga kan. Ya… kalau hatimu sudah sembuh dan mau berteman dengan dia itu lain ceritanya. Eh, belum tentu juga dia mau berteman dengan kamu, kan.

Stop juga kepoin medsosnya. Kalau perlu unfollow atau dimatikan saja story dan postingan dia. Biar kamu nggak sakit hati kalau ternyata dia sudah punya pengganti dan dibangga-banggakannya di media sosialnya.

Supaya nggak ingat-ingat kesedihan, kekesalan, dan kemarahan sama si mantan, cari kegiatan pengalihan. Contohnya adalah:

  1. mengerjakan hobi (membaca, menulis, nonton, main game, masak, olahraga, dll),
  2. mempelajari hal-hal baru yang bermanfaat (ikut kelas fotografi, kursus computer, kursus masak, dll)
  3. mengikuti kegiatan sosial (berkunjung ke panti asuhan, panti jompo, berdana pada korban kebakaran, dll)
  4. kumpul bareng teman-teman beramai-ramai sambil melakukan kegiatan yang seru misalnya wisata kuliner, ikut seminar, dll.
  5. ikut challenge/lomba seperti yang sedang aku kerjakan saat ini, ikut Blog Challenge September.

Ada satu hal lagi yang biasa aku lakukan untuk mengobati sakit hati atau patah hati. Caranya adalah dengan hiatus dari peradaban. Maksudnya adalah mundur sejenak dari segala hal yang ada hubungannya dengan dia: Nggak kepoin medsosnya dia. Nggak bertemu dia. Nggak ngobrol bahkan tersenyum dengan dia. Nggak hubungi dia duluan kecuali ada urusan yang penting banget. Berusaha untuk menghindari dia….. Sampai… waktu yang nggak bisa ditentukan. Sampai kalau nggak sengaja berpapasan dengan dia hati ini merasa baik-baik saja.

* * *

Blog Challenge September hari ke-15 (terakhir). Tema: Move On

8 thoughts on “Hiatus dari Peradaban

  1. Wah, keren buanget, Mbak !

    Sepertinya, masing-masing individu pasti pernah setidaknya sekali mengalami masa-masa seperti yang dijelaskan di sini. Sedih, boleh. Tapi, tidak boleh sampai merusak kehidupan sendiri hanya karena apa yang sudah kita perjuangkan dan pertahankan berakhir.

    Time will heal, saya setuju Mbak. Cepat atau lambat, waktu akan membuat kita menyadari bahwa apapun yang terjadi pada kita adalah pelajaran berharga untuk menghadapi masalah lain di depan hahaha.

    Putus, berakhirnya hubungan, kehilangan, kadang saya berpikir bahwa yang membuat pengalaman ini terasa sangat berat dan menyakitkan adalah karena ingatan kita, kita mengenang orang yang pernah mengisi hidup kita, dan juga waktu yang sudah kita habiskan bersamanya. Kehilangan ikatan ini, sungguh menyakitkan!

    Liked by 1 person

  2. Toss dulu. Berhubung aku orang yang susah jatuh cinta dan susah move on kalau sudah cinta sama orang wkwkwk yang aku lakukan adalah memutuskan semua hal yang berkaitan dengan dia. Ya, termasuk tidak berteman di medsos. And it works, la. Meskipun ga mungkin lupa, tapi rasa sudah ga ada 😀

    Like

  3. Tambahan. Bukan krn ga setia tp mgk ybs sdh punya ban serep banyak 😅. Kl mau gampang move on “bakar habis” semua yg berhubungan dg mantan (savage!). Jgn mau diajak temenan juga. Jebakan batman itu utk susah move on dan pasaran jd ga naik2. Terakhir banyak2 bergaul ketemu org baru plus prospek2 baru. Dijamin cepet.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: