[Review Buku] Credit Roll of The Fool

Novel Credit Roll of The Fool ini adalah seri kedua dari novel Hyouka. Ada 4 tokoh utama dalam buku ini. Mereka adalah Oreki Hotaro, Chitanda Eru, Fukube Satoshi, dan Ibara Mayaka. Keempatnya tergabung dalam Klub Sastra Klasik di SMA Kamiyama. Ketua klubnya dalah Chitanda Eru.

Di  liburan musim panas ini, seharusnya Hotaro dan anggota klub menyelesaikan proyek antologi mereka dalam rangka mengikuti Festival Budaya di sekolah. Namun, Chitanda tiba-tiba mengajak anggota klub menonton film yang dibuat oleh kelas 2-F. Kelas tersebut membuat sebuah film misteri. Namun film yang dibuat itu belum selesai dan belum memiliki judul.

Film yang mereka tonton menceritakan tentang petualangan enam orang siswa kelas 2-F ke sebuah desa terlantar bernama desa Narakubo. Desa itu dulunya adalah daerah pertambangan. Keenam orang siswa bermaksud mengunjungi desa itu untuk mencari bahan yang akan digunakan dalam Festival Kanya yang diadakan oleh sekolah mereka. Saat mereka sedang mencari tempat menginap di desa tersebut, terjadilah peristiwa mengerikan. Salah satu dari mereka ditemukan tewas. Filmnya hanya sampai di situ.

Irisu Fuyumi adalah orang yang mengajak Chitanda untuk menonton film yang dibuat oleh kelasnya. Setelah keempat orang tersebut menonton film yang tidak ada penyelesaiannya itu, Irisu meminta tolong agar Chitanda dan kawan-kawan membantu mencari penyelesaian film tersebut. Ia mengatakan bahwa penulis skenarionya, Hongo-san, sedang sakit sehingga tidak bisa menyelesaikan skenario film.

Awalnya, Hotaro ingin menolak tawaran untuk menyelesaikan film misteri tersebut. Tetapi akhirnya ia mengalah dan bergabung bersama teman-temannya untuk menganalisis penyelesaian dari film misteri tersebut. Ada beberapa siswa kelas 2-F yang diutus Irisu untuk membantu Oreki dan kawan-kawan untuk menyelesaikan misteri tersebut. Ia mengandalkan Hotaro untuk menebak siapa pembunuh dalam film dan bagaimana trik pembunuhan itu dilakukan.

Review:
Bukunya oke. Sepertinya, walaupun tidak membaca seri pertamanya, tidak menjadi masalah. Karena buku ini bercerita tentang misteri pembunuhan, pembaca diajak untuk ikut menebak-nebak. Dan jujur saja itu agak membuat pusing. Karena endingnya tidak tertebak. Namun karena terlalu berbelit-belit jadinya agak sedikit membosankan. Barulah di beberapa halaman terakhir ceritanya menjadi seru.

Rating:
Nilai 7/10 untuk buku ini.

Informasi Buku:
Judul Buku: Credit Roll of The Fool
Pengarang: Yonezawa Honobu
Penerbit: Penerbit Haru
Tahun Terbit: 2018
Jumlah Halaman: 260
ISBN: 978-602-6383-50-1

Quotes:
1. Tidak ada manusia yang lahir sempurna. ~hlm.15

2. Orang jenius pasti juga punya masalahnya sendiri, mereka tidak bisa hidup selayaknya orang biasa meski berharap. Kalau berpikir begitu, rasanya kita tidak perlu iri. ~hlm. 15

3. Padahal, sulit untuk membuat sesuatu yang rumit supaya terlihat mudah. ~hlm. 195

4. …Mungkin aku harus mulai percaya. Bahwa aku memiliki nilai. ~hlm.183

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: