[Review Buku] Your Name

Blurb:
Mitsuha, seorang gadis SMA yang tinggal di sebuah desa di pegunungan, bermimpi dia menjadi seorang anak laki-laki. Dia bangun di sebuah kamar yang asing, berteman dengan orang asing, melihat kota Tokyo tepat di depan matanya.

Di lain pihak, Taki, seorang pemuda SMA yang tinggal di Tokyo, juga bermimpi dirinya menjadi seorang gadis SMA yang tinggal di sebuah desa yang dikelilingi pegunungan.

Akhirnya, keduanya pun sadar bahwa mereka bertukar tubuh dalam mimpi masing-masing. Takdir yang mempertemukan mereka itu mulai menggerakkan roda-roda nasib.

Komentar:
Novel ini ditulis oleh sutradara Shinkai Makoto berdasarkan film animasi ‘Your Name’.

Ceritanya seru banget!! Mitsuha adalah seorang siswi SMA di desa. Ia berasal dari keluarga yang memegang teguh tradisi. Mitsuha dan adiknya, Yotsuha, tinggal bersama nenek mereka. Mereka berdua sering membantu nenek menjalankan tradisi upacara di kuil. Kakak beradik ini adalah Miko. Karena profesi neneknya tersebut, Mitsuha kadang merasa sebal. Ia sering diejek kelompok tertentu di sekolahnya.

Pada suatu hari, saat Mitsuha selesai dari tugasnya di kuil, ia berteriak marah dengan mengatakan ingin menjadi laki-laki saja.

Sementara itu, Taki adalah pemuda SMA yang tinggal di sebuah apartemen di Tokyo. Ia tinggal dengan ayahnya. Taki bekerja paruh waktu setelah selesai sekolah. Ia punya dua sahabat cowok.

Mitsuha dan Taki bertukar tubuh. Awalnya mereka tidak sadar. Tapi akhirnya mereka saling mengirim pesan sehingga bisa mengetahui kejadian saat mereka bertukar tubuh. Taki mencatat kejadian yang dialaminya di buku saat menjadi Mitsuha. Sedangkan Mitsuha mencatat kejadian-kejadian yang dialaminya di ponsel pintar saat menjadi Taki. Namun, rupanya pertukaran tubuh tersebut membawa mereka pada perputaran nasib. Ada hal lain yang lebih dari hanya sekadar pertukaran tubuh.

Sampul buku ini ada gambar kometnya. Lalu judulnya adalah Your Name. Itulah inti dari cerita ini. Tentang hubungan takdir. Roda-roda nasib. Taki yang orang kota. Mitsuha yang orang desa. Walaupun mereka saling mencatat nomor telepon masing-masing. Mereka tidak dapat saling menghubungi. Ada misteri apakah sebenarnya? Pembaca dibuat bertanya-tanya bagaimana cara mereka bertemu. Saking penasarannya, jadi baca terus dan terus tanpa mau berhenti.

Buku yang tebalnya 300-an halaman ini selesai dibaca dalam sekejab saja. Ceritanya sangat seru, konyol, lucu, sekaligus mengharukan. Bahasa di buku ini memang ada yang agak sedikit vulgar. Beberapa adegan tak patut dicontoh. Jadi memang baiknya buku ini dibaca oleh orang yang umurnya dewasa. Di bagian belakang buku ditulis U 15+.

Aku memang belum nonton filmnya. Walaupun banyak yang bilang filmnya sangat bagus. Tapi ada yang bilang bukunya lebih seru. Ada detail-detail yang tidak tersampaikan dalam film. Makanya aku pilih baca bukunya saja. Dan komentar orang-orang yang menyarankan untuk membaca bukunya saja itu sangat benar!!

Rating:
Aku beri nilai 9/10 untuk buku ini.
Sumpah buku ini keren banget!!

Informasi Buku:
Judul Buku: Your Name
Pengarang: Shinkai Makoto
Genre: Fantasy, Romance
Penerbit: Penerbit Haru
Tahun Terbit: 2020
Jumlah Halaman: 336 halaman
ISBN: 978-623-7351-20-7

8 thoughts on “[Review Buku] Your Name

  1. Antara menonton film dan membaca buku ada dilema. Lebih baik pilih salah satu saja. Siap-siap kecewa karena membandingka keduanya. He…he….

    Lebih seru sekarang menonton buku!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: