[Review Film Serial] The Good Detective

sumber gambar: asianwiki.com

Annyeonghaseo! Akhir-akhir ini aku sering nonton film detektif. Kali ini pilihan jatuh pada The Good Detective, drama Korea yang jumlah episodenya 16. Film ini tayang pada bulan Juli – Agustus 2020 yang lalu.

The Good Detective menceritakan tentang detektif Kang Do Chang yang telah bekerja selama 18 tahun. Tapi ia belum juga naik pangkat. Sementara itu, junior dan rekan seangkatannya sudah naik pangkatnya. Detektif Kang Do Chang agak keras kepala dan bekerja sesuai pengalamannya.

Suatu hari, di kantor Kang Do Chang kedatangan seorang detektif baru dari kota. Ia adalah Oh Ji Hyuk, detektif yang masih muda namun kaya karena mendapatkan warisan dari orangtuanya. Ia sempat vakum dari kerjanya namun kembali lagi dan ditempatkan di divisi yang sama dengan detektif Kang Do Chang.

Setelah detektif Oh Ji Hyuk bergabung dengan timnya dektektif Kang Do Chang, mereka menemukan sebuah kasus yang cukup rumit. Ada seorang narapidana yang akan dihukum mati. Orang itu dulunya ditangkap oleh Kang Do Chang dan beberapa rekan lainnya. Narapidana yang bernama Lee Dae Chul dituduh membunuh seorang mahasisw dan detektif senior yang seangkatan dengan Kang Do Chang. Namun, Jin Seo Kyung, seorang reporter yang juga teman Kang Do Chang memberikan informasi bahwa Lee Dae Chul tidak bersalah. Jin Seo Kyung mendapat info setelah dipanggil oleh mantan jaksa yang dulunya menghadiri sidang Lee Dae Chul.

Dari informasi tersebut, Kang Do Chang mencoba menggali kembali semua bukti-bukti yang terkait dengan kasus Lee Dae Chul. Detektif Oh Ji Hyuk pun membantu rekannya tersebut.

Komentar:
Filmnya oke, dari episode awal sampai akhir membahas tentang kasus-kasus yang berhubungan dengan Lee Dae Chul. Rupanya ada banyak kasus. Menurutku ceritanya kurang greget, kasusnya agak mudah ditebak. Filmnya juga terkesan ‘manjangi tali kelambu.’ Tapi cukup menghibur.

Ada satu hal yang cukup menarik dari film-film ala-ala detektif yang aku tonton, tokoh utamanya selalu berambut keriting. Kenapa ya? Apakah detektif identik dengan orang yang urakan, gaya sembrono, nggak mandi berhari-hari? Entahlah…

Di film ini ada juga cerita tentang keluarga. Detektif Kang Do Chang mempunyai adik perempuan yang bercerai dengan suaminya. Namun anaknya diambil oleh mantan suaminya dan ia tidak boleh menemui anaknya. Adik detektif Kang berusaha keras agar ia dapat bertemu dengan anaknya. Keluarga ini juga lalu berhubungan dengan anaknya Lee Dae Chul.

Selain itu, Detektif Oh Ji Hyuk mempunyai masa lalu yang tidak menyenangkan yang membuat ia terkadang harus menelan beberapa butir pil penenang. Saat ia masih kecil, ia melihat ayahnya dibunuh. Tapi di persidangan ia tidak ingat sama sekali wajah pembunuhnya. Ibunya akhirnya bunuh diri karena depresi. Detektif Oh membawa-bawa perasaan bersalah dalam hidupnya. Detektif Oh yang tidak mempunyai orangtua lagi akhirnya tinggal dengan pamannya. Ia mempunyai saudara sepupu bernama Oh Jong Tae. Sepupunya ini sangat licik dan akan menggunakan segala cara untuk mendapatkan apa yang diinginkannya.

Oh ya, pemeran Oh Jong Tae ini adalah pemeran Moon Sang Tae di film Its Okay to Not be Okay. Aktingnya beneran oke. Nggak nyangka aja di film ini dia jadi pemeran antagonis sedangkan di film yang lalu jadi orang cacat mental.

Di film ini reporter Jin Seo Kyung mempunyai seorang bos bernama Yoo Jung Seok. Ia adalah adik dari Menteri Kehakiman. Ia juga berprinsip bahwa kebenaran harus diungkapkan. Karena itulah ia bekerja sebagai reporter dan mendirikan perusahaan penerbitan koran.

Rating:
7/10

Informasi Film:
Judul Film: The Good Detective/Model Detective
Genre: crime
Jumlah Episode: 16
Rilis: Juli – Agustus 2020
Stasiun TV: JTBC
Pemain:
Son Hyun Joo sebagai detektif Kang Do Chang
Jang Seung Jo sebagai detektif Oh Ji Hyuk
Lee Elijah sebagai reporter Jin Seo Kyung
Oh Jung Se sebagai Oh Jong Tae
Ji Seung Hyun sebagai Yoo Jung Seok

2 thoughts on “[Review Film Serial] The Good Detective

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: