[Review Buku] Keajaiban Toko Kelontong Namiya

Sinopsis:
Tiga orang pemuda berandal: Shota, Kohei, dan Atsuya, bersembunyi di toko kelontong tak berpenghuni setelah melakukan pencurian. Toko kelontong tersebut bernama Toko Kelontong Namiya. Mereka masuk dari pintu belakang toko. Mereka bermaksud bersembunyi di toko tersebut hingga fajar kemudian melarikan diri. Namun, saat sedang duduk-duduk, ada orang menyelipkan sepucuk surat ke dalam toko melalui lubang surat.

Mereka membaca surat tersebut. Itu adalah surat permintaan saran. Tentu saja mereka merasa aneh kenapa ada surat seperti itu. Ketiga pemuda melihat-lihat isi toko lalu menemukan majalah kuno. Di dalam majalah tersebut ada artikel wawancara dengan pemilik Toko Kelontong Namiya. Pemilik toko mengatakan membuka konsultasi bagi siapa saja yang membutuhkan saran.

Awalnya hanya Shota dan Kohei yang berniat membalas surat permintaan saran tersebut. Mereka menuliskan balasan surat dan meletakkannya di kotak susu yang ada di dekat pintu belakang toko. Kejadian aneh pun kembali mereka alami. Tak lama dari mereka memasukkan surat tersebut, surat tersebut lenyap. Padahal mereka tidak melihat seorang pun di sekitar toko. Lalu, surat balasan berikutnya pun datang melalui lubang surat tanpa ada jejak dari orang yang mengirimnya.

Atsuya kesal dengan kelakuan kedua sahabatnya. Ia memutuskan untuk keluar dari toko dan meninggalkan kedua temannya. Namun ia merasa aneh karena selama berada di dalam toko waktu rasanya tidak bergerak. Ia merasa sudah berjam-jam berada di dalam toko, tetapi begitu keluar, jam baru bergerak beberapa menit. Atsuya pergi ke minimarket dan kembali lagi ke dalam toko. Di dalam toko, kedua temannya masih asyik membahas apa yang harus ditulis untuk membalas surat permintaan saran.

Malam itu, ketiga pemuda membalas beberapa surat. Dari surat-surat tersebut mereka mengetahui bahwa orang-orang yang mengirimnya adalah orang dari masa lalu. Dan kesemua orang rupanya saling berkaitan. Surat-surat aneh tersebut membawa mereka dalam petualangan melintasi waktu, menggantikan peran kakek pemilik toko kelontong yang menghabiskan tahun-tahun terakhir hidupnya untuk memberikan nasihat tulus kepada orang-orang yang meminta bantuan.

Hanya dalam satu malam, hidup ketiga pemuda tersebut tidak akan pernah sama lagi.

Komentar:
Cerita di buku ini sangat mengharukan. Orang-orang yang meminta saran sebenarnya sudah tahu apa yang akan mereka lakukan. Tetapi mereka masih ragu-ragu untuk mengambil keputusan. Karena itulah mereka meminta saran. Saran-saran yang diberikan oleh ketiga pemuda bernada kasar tapi masuk akal. Dari membaca cerita di buku ini, banyak pelajaran tentang hidup yang bisa didapatkan. Misalnya tentang membalas budi pada orang yang baik, tentang keluarga, tentang memilih jalan hidup, dan lainnya. Akhirnya sungguh tak terduga. Keren banget pokoknya ceritanya.

Rating:
9/10

Kata-kata Bijak dalam Buku:
“Usaha yang terburu-buru tidak akan menciptakan hasil yang baik.” ~hlm. 66

“Bagiku, membuang cita-cita demi orang yang dicintai jauh lebih menyakitkan daripada kematian…. Kau tak perlu khawatir lagi karena aku ingin kau terus mengejar impianmu tanpa penyesalan.” ~hlm.68

“Kalau kau memang berniat menekuni sesuatu-bahkan jika itu berarti mengabaikan ucapan orangtuamu sendiri, kau harus tetap fokus pada bidang itu.” ~hlm.121

“Tidak masalah jika kau tidak berhasil memenangi perang itu. Bahkan perjuangan yang sia-sia pun berharga.” ~hlm.122

“Percayalah pada saya. Apapun yang terjadi, hari esok akan lebih baik daripada hari ini.” ~hlm.225.

“Cobalah untuk mengubah sudut pandang. Anda bebas melakukan apa saja karena kesempatan terbentang luas di hadapan Anda. Percayalah pada diri sendiri.” ~hlm.398

Informasi Buku:
Judul Buku: Keajaiban Toko Kelontong Namiya
Pengarang: Keigo Higashino
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2020
Jumlah Halaman: 400 halaman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: