[Review Buku] Only Daughter

Sinopsis:
Ada seorang gadis yang ditangkap polisi karena mencuri. Ia pandai berakting. Saat ditanyai di kantor polisi, ia teringat tentang seorang remaja yang hilang sepuluh tahun lalu. Remaja itu bernama Rebecca Winter. Beritanya pernah muncul di televisi dan saat itu teman si gadis mengatakan bahwa wajah Rebecca mirip dengannya. Gadis yang tidak ingin ditangkap polisi tersebut lalu mengaku sebagai Rebecca Winter.

Awalnya polisi tak percaya. Tapi si gadis berhasil mengelabui mereka. Ia pun diantar menuju rumah Rebecca. Di perjalanan, si gadis ingat ia mempunyai tanda lahir di lengannya. Ia pun mengatakan pada polisi bahwa ia hendak ke kamar kecil. Di dalam toilet, ia memotong daging lengannya untuk membuang tanda lahirnya lalu menyembunyikan lengannya yang berdarah di balik jaket.

Tiba di kota lain tempat Rebecca tinggal, si gadis dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan dan menjalani serangkaian tes. Kemali, ia bisa mengelabui orang-orang di rumah sakit supaya tidak melakukan tes terhadapnya. Namun satu detektif bersikeras untuk mewawancarainya keesokan harinya.

Si gadis sekarang menjadi Rebecca Winter. Ia menjalani kehidupan sebagai Bec. Setelah tinggal di rumah Bec, ia menyadari ada yang salah dengan suasana di rumah tersebut. Ditambah lagi, ia merasa dikuntit. Lama kelamaan, ia pun merasa tidak betah. Namun ada hal-hal lain yang harus ia hadapi.

Komentar:
Cerita di buku ini ada horornya sedikit. Tokoh utamanya wajahnya mirip dengan Bec. Tidak disebutkan namanya. Hanya sebagai tokoh ‘aku’. Lalu penulis menceritakan antara si ‘aku’ dan Rebecca Winter yang asli secara berselang-seling. Bab satu tahun 2014 tentang si penyusup, bab 2 tentang Bec pada tahun 2003, dan seterusnya. Makin ke belakang ceritanya makin seru. Jadi ikut menbak-nebak sebenarnya apa yang terjadi dengan Rebecca Winter yang asli. Trus si penyusup itu gimana akhirnya. Dan endingnya tak terduga.

Ada sisi nyebelin dari tokoh si penyusup. Kok bisa-bisanya ngaku-ngaku sebagai Bec dan mempermainkan keluarganya Bec. Sama kayak cowok yang mainin perasaan cewek. Ada juga di buku ini. Dia bertingkah baik sama Rebecca Winter hingga membuat si Rebecca merasa bahwa si cowok suka sama dia. Tapi ternyata si cowok melakukannya sama semua teman ceweknya. Cowok yang benar-benar berengsek!

Ya, namanya orang berengsek, suatu saat pasti kena batunya. Sama kayak di buku ini. Si penyusup kena batunya.

Rating:
8/10

Informasi Buku:
Judul Buku: Only Daughter (Sang Penyusup)
Pengarang: Anna Snoekstra
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2020
Genre: Thriller, mystery
Jumlah Halaman: 304

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: