[Review Buku] Real Face

Sinopsis:
Asagiri Asuka adalah seorang dokter anestesi yang sedang melanjutkan kuliahnya. Karena butuh uang ia mencari pekerjaan. Koleganya menyarankan ia bekerja di klinik bedah plastik milik Hiiragi Takayuki. Dokter Hiiragi ini terkenal jenius karena mampu mengubah wajah pasiennya jadi apapun asal ada uang.

Asagiri sebetulnya tidak suka bekerja di klinik Hiiragi. Dokter Hiiragi mempunyai perangai yang sangat aneh. Ia terkadang ceplas-ceplos dan berkata kasar. Asagiri juga menganggapnya mata duitan. Namun gaji yang diberikan Hiiragi sangat besar. Oleh karena itu Asagiri bertahan.

Selama bekerja di klinik tersebut, Asagiri melihat kemampuan Hiiragi yang memang benar-benar hebat. Lalu, walaupun ucapan Hiiragi sensei terkadang sangat menyakitkan, namun ia sebetulnya tidak hanya menjadikan pasiennya cantik fisik namun juga memancarkan kecantikan yang alami.

Suatu hari Asagiri didatangi seorang pemuda yang mengaku sebagai wartawan yang sedang menyelidiki kasus pembunuhan. Wartawan tersebut mengatakan bahwa kasus pembunuhan berantai yang menghebohkan 4 tahun lalu ada hubungannya dengan Hiiragi. Ia meminta Asagiri mengumpulkan informasi yang terkait dengan bosnya di klinik.

Awalnya Asagiri enggan melakukan apa yang diminta si wartawan. Namun ada beberapa kejadian yang membuatnya berpikir. Ia mulai mencari informasi di internet dan bertanya pada koleganya di universitas tempat ia melakukan penelitian. Dari sana ia mulai mendapatkan info-info yang mengejutkan tentang Hiiragi.

Berbagai informasi yang diterima Asagiri tidak membuatnya percaya begitu saja. Ia terus menyelidiki. Dan penyelidikannya itu menyeretnya pada kasus pembunuhan empat tahun lalu.

Komentar:
Novel Real Face ini bergenre thriller dan mystery. Namun ada lucunya. Tingkah dokter Hiiragi benar-benar menyebalkan. Ia dan Asagiri selalu berdebat tentang banyak hal. Bahasa terjemahan di buku ini artinya bagus banget karena bisa bikin pembacanya tertawa terpingkal-pingkal. Harusnya novelnya menegangkan, eh malah jadi lucu.

Bagian pertengahan hingga mendekati akhir novel barulah agak serius. Di sinilah bagian yang paling seru. Ya, saking serunya buku ini, nggak butuh waktu lama untuk membacanya.

Siapa pembunuh sebenarnya? Aku ikut-ikutan menebak. Tapi ternyata tebakanku salah! Beneran nggak menyangka! Kirain si A yang jahat, eh, ternyata orang lain. Motifnya pun disusun dengan rapi. Makanya nggak tertebak.

Oh ya di buku ini banyak ditemui istilah-istilah dalam dunia kedokteran, terutama yang berhubungan dengan ilmu bedah. Keren banget! Jadi sekaligus dapat ilmu tentang dunia kedokteran.

Penulis buku ini menggunakan alur maju dan mundur. Lalu point of view-nya orang ketiga. Ada sedikit pergantian tokoh utama cerita, tapi dipisahkan di bab berbeda. Itu adalah bagian di mana penulis menceritakan dari sudut pandang si pembunuh. Bab secara umumnya menceritakan sudut pandang Asagiri Asuka. Biarpun berganti-ganti sudut pandang, nggak membuat bingung, kok. Malah bikin penasaran tentang apa yang bakal terjadi selanjutnya.

Sesuai judulnya, Real Face, inti cerita dari buku ini adalah tentang ‘wujud’ asli. Orang yang sudah dioperasi plastik, yang ingin operasi plastik, orang yang jahat, orang yang baik, pada akhirnya akan menunjukkan ‘Real Face’-nya.

Rating:
5/5

Quotes Favorit:
“Manusia yang sudah mengupas kulit dan menunjukkan wujud aslinya akan memancarkan ‘kecantikan’ yang ada dari dalam dirinya.” ~hlm. 78

“Tidak apa-apa. Kau dan aku, kita memang seharusnya merasa ragu. Karena, di dunia ini tidak ada kebenaran yang mutlak. Kita harus ragu, dan terus ragu, dan akhirnya yang bisa kita lakukan adalah menemukan kebenaran kita sendiri.” ~hlm.372

Informasi Buku:
Judul Buku: Real Face
Pengarang: Chinen Mikito
Penerbit: Penerbit Haru
Tahun Terbit: 2021
Penerjemah: Lina Budiarti
Jumlah Halaman: 388 halaman
Genre: thriller, mystery
ISBN: 978-623-7351-60-3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: