[Review Buku] The Woman in Black

Hai! Kembali bertemu dalam review buku! Kali ini aku mau cerita tentang buku yang baru saja aku baca. Judul bukunya The Woman in Black. Aku baca buku ini karena beberapa waktu lalu baca instagramnya sebuah penerbit buku. Di kolom komentar salah satu postingannya, ada yang merekomendasikan buku The Woman in Black. Langsung, deh, cari bukunya di toko online. Dapat harga diskon, jadi cuma bayar lima belas ribu rupiah tanpa ongkir!

Sinopis:
The Woman in Black ini mengisahkan tentang kehidupan Arthur Kipps, seorang pengacara muda yang ditugaskan bosnya untuk menghadiri pemakaman klien mereka di kota kecil bernama Crythin Grifford. Setelah menghadiri pemakaman tersebut, Arthur ditugaskan untuk memilah-milah surat penting yang ada di rumah Nyonya Drablow lalu membawa surat-surat penting tersebut ke kantor.

Nyonya Drablow tinggal sendiri di Eel Marsh House yang letaknya agak jauh pusat kota. Rumahnya terletak di dataran yang dikelilingi oleh rawa-rawa berkabut. Di dekat rumah tersebut ada bangunan roboh yang dulunya bekas gereja. Lalu di sisi lainnya ada pekuburan kuno yang telantar.

Awalnya Arthur bersemangat menjalankan tugasnya di rumah tersebut. Namun saat hari pemakaman, ia melihat seorang wanita kurus kering bergaun hitam yang aneh. Wanita tersebut juga dilihatnya saat ia tiba di Eel Marsh House. Namun wanita tersebut menghilang begitu saja saat Arthur mencoba mencarinya di dekat puing-puing bangunan runtuh. Saat berada di dalam rumah Nyonya Drablow yang besar dan kosong, Arthur mendengar suara-suara aneh. Ia mendengar suara tetapi tidak melihat wujud dari hal-hal yang mengeluarkan suara tersebut. Arthur ketakutan setengah mati. Untunglah seorang warga kota yang ditugaskan oleh bosnya menjemputnya dari rumah tersebut.

Ketika Arthur ingin menanyakan apa yang sebenarnya terjadi di rumah Nyonya Drablow dan siapa wanita bergaun hitam tersebut, penduduk kota tidak ada yang mau menjawabnya. Tuan Jerome, pengacara yang ditunjuk oleh bosnya untuk membantunya selama di kota tersebut pun enggan untuk bercerita. Ia bahkan menampakkan wajah yang pucat begitu Arthur bercerita tentang wanita bergaun hitam. Arthur semakin penasaran dengan hal-hal menakutkan yang dialaminya. Ia mengumpulkan keberanian dan berniat kembali ke rumah besar Nyonya Drablow untuk mencari kebenaran.

Komentar:
Bukunya bergenre horor ini lumayan seram. Level seramnya 3 dari skala 5. Masih ada yang lebih seram dari buku ini. Tapi kalau kalian bacanya saat suasana mendukung: di tengah malam yang sepi, hujan disertai petir, lalu tiba-tiba mati lampu…. Cocok banget itu! Makin menambah keseramannya.

Alur buku ini bagus. Kalimat-kalimatnya tertata rapi dan mudah dipahami. Penggambaran tentang suasananya juga keren. Pas baca jadi berasa kayak nonton film dengan nuansa yang dark banget.

Dari bagian pertengahan buku sebenarnya sudah bisa ditebak hantunya itu siapa. Namun alasan-alasan kenapa ia menjadi hantu dan apa yang dilakukan oleh hantu itu selanjutnya itu yang bikin plot twist di bagian akhir. Nggak menyangka aja bakalan kayak gitu.

Inti dari buku ini adalah cerita tentang dendam, kebencian, keputusasaan. Makanya ya jadi orang jangan suka benci dan dendam. Bisa terbawa sampai mati. Sesuadh mati bukannya tenang di alam sana malah jadi hantu gentayangan yang maunya balas dendam melulu. Benci dan dendam hanya menyusahkan saja – menyusahkan diri sendiri dan orang-orang sekitar.

Quotes Favorit:
Memelihara dendam, amarah, dan kebencian hanya akan meracuni jiwa. ~Steve Maraboli

Rating:
3/5

Informasi Buku:
Judul Buku: The Woman in Black
Pengarang: Susan Hill
Penerbit: Penerbit Qanita (PT Mizan Pustaka)
Tahun Terbit: 2016
Genre: horror, thriller
Jumlah Halaman: 228
ISBN: 978-602-402-026-2

2 thoughts on “[Review Buku] The Woman in Black

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: