[Review Buku] 7 Years of Darkness

Sinopsis:
Novel 7 Tahun Kegelapan karangan Jeong You-Jeong ini mengisahkan tentang kehidupan Choi Seo-won, anak seorang terpidana hukuman mati atas tuduhan pembunuhan terhadap gadis kecil dan beberapa penduduk desa Kota Seryeong. Sejak ayahnya ditangkap polisi, kehidupan Choi Seo-won kecil kacau balau. Selama 7 tahun ia harus berpindah-pindah karena seseorang misterius selalu menguak identitasnya sebagai anak seorang pembunuh. Suatu hari, Seo-won menerima paket yang menuntunnya mengungkapkan rahasia tentang kejadian tujuh tahun yang lalu.

Komentar:
Buku ini ditulis dengan sudut pandang berbeda-beda. Tentu saja yang paling utama adalah sudut pandang dari Choi Seo-won, sang tokoh sentral. Selain itu, ada sudut pandang dari beberapa tokoh yang terlibat dalam kejadian ‘7 tahun yang lalu’. Awalnya memang agak membingungkan. Apalagi alurnya terasa agak lambat di bagian awal dan terkesan bertele-tele. Namun semakin ke belakang, cerita terasa makin seru sampai-sampai rasanya tidak ingin berhenti membaca.

Di buku ini ada tokoh Choi Hyeon-su, ayah Seo-won. Hyeon-su diterima bekerja di Kota Seryeong sebagai Ketua Tim Keamanan. Ia mengendarai mobil di saat mabuk dan menabrak seseorang. Tokoh selanjutnya adalah Ahn Seung-hwan. Ia tinggal di mess yang sama dengan keluarga Hyeon-su. Ia menyimpan rahasia yang terkait dengan kejadian pembunuhan di Seryeong. Kemudian ada Oh Yeong-je, dokter gigi di Kota Seryeong. Ia adalah ayah dari gadis kecil yang tewas. Tokoh terakhir adalah Kang Eun-ju, ibu Seo-won. Memang, selain tokoh tersebut ada tokoh lainnya. Namun penulis tidak bercerita dari sudut pandang selain tokoh-tokoh di atas.

Gaya penulisan dari sudut pandang yang berbeda membuat buku ini jadi menarik untuk dibaca. Penulis menceritakan kisah-kisah secara rinci untuk mengajak pembaca merasakan emosi yang dialami oleh setiap tokoh cerita. Selain dari segi sudut pandang, novel ini banyak memberi pengetahuan tentang dunia menyelam, dunia bisbol dan sistem kerja waduk. Bahasa terjemahannya pun enak dibaca.

Setelah membaca novel yang cukup tebal ini, ada beberapa pelajaran mengenai kehidupan yang dapat dipetik. Misalnya selalu ada alasan di balik tindakan seseorang. Jangan buru-buru menghakimi. Dalam hidup ini ada banyak pilihan, apakah kau akan memilih yang dapat memperbaiki hidupmu atau malah yang menghancurkan hidupmu? Atau, apakah kau akan terus jadi pengecut yang selalu menghindari masalah?

Rating:
4/5

Informasi Buku:
Judul Buku: 7 Tahun Kegelapan (7 Years of Darkness).
Pengarang: Jeong You-jeong.
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama.
Tahun Terbit: 2020.
Jumlah Halaman: 560 halaman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: