[Review Buku] Funiculi Funicula

Blurb:
Funiculi Funicula adalah nama sebuah kafe tua yang letaknya di sebuah gang kecil di Tokyo. Kafe tersebut merupakan kafe bawah tanah yang tidak mempunyai pendingin ruangan. Namun musim panas tidak mempengaruhi suhu di dalamnya. Entah mengapa hawa udara di dalamnya tetap sejuk.

Kafe ini punya sebuah keistimewaan, yaitu dapat membawa seseorang kembali ke masa lalu. Tentu saja untuk kembali ke masa lalu tidaklah mudah. Ada peraturan-peraturan yang harus dipatuhi oleh orang yang ingin kembali ke masa lalu. Peraturannya adalah masa lalu tidak dapat diubah. Orang yang ingin kembali harus meminum kopi yang dituangkan sebelum kopinya dingin, jika tidak ia tidak akan kembali dan menjadi hantu. Irang tersebut harus duduk di kursi tertentu di dalam kafe dan ia juga tidak boleh beranjak dari kursi tersebut selama ia kembali ke masa lalu.

Suatu hari seorang wanita berkunjung ke kafe tersebut agar bisa kembali ke masa lalu. Ia ingin hubungannya dengan kekasihnya kembali. Wanita bernama Fumiko tersebut lalu berkenalan dengan pegawai kafe yang bernama Kazu, istri pemilik kafe bernama Kei, dan pengunjung kafe yang nyentrik bernama Hirai. Ia juga mengenal pemilik kafe bernama Nagare dan laki-laki yang selalu duduk sambil membaca bernama Fusagi serta istrinya yang bernama Kotake. Fumiko berulang kali memohon kepada Kazu agar bisa kembali ke masa lalu namun ucapan-ucapan Kazu tentang peraturan-peraturan yang harus dipatuhi jika ingin kembali ke masa lalu membuatnya ragu-ragu. Setelah beberapa saat merasa ragu, begitu ada kesempatan, Fumiko langsung memantapkan hatinya untuk pergi ke masa lalu.

Selain Fumiko, ada beberapa orang lainnya yang juga ingin kembali ke masa lalu walaupun mereka tahu setelah kembali ke sana keadaan masa kini tak akan berubah.

Komentar:
Cerita di buku yang judul lainnya Before The Coffee Gets Cold ini benar-benar menyentuh. Orang-orang yang kembali ke masa lalu tahu mereka tidak dapat mengubah keadaan. Mereka juga tahu bahwa waktu mereka untuk pergi ke masa lalu sangat terbatas, hanya sampai kopi yang dituangkan agak dingin, setelah itu mereka harus segera meminum habis kopinya. Walaupun peraturannya seperti itu, mereka tetap pergi. Dan setelah mereka kembali lagi ke masa kini, ada perasaan lega menyelimuti mereka.

Di dalam buku ini ada banyak tokoh. Itu sangat membingungkan di bagian awal. Karena begitu membaca buku sudah disuguhi beberapa nama dengan latar belakang yang berbeda-beda, ditambah lagi alurnya maju-mundur-maju-mundur, makin pusing. Namun setelah beberapa halaman barulah mengerti ternyata ceritanya memang seperti itu. Lalu akhirnya bisa mengenal semua karakter yang ada dalam buku.

Buku ini cocok dibaca di waktu luang. Bukunya bercerita tentang persahabatan dan keluarga. Ceritanya keren dan mengharukan. Namun nggak sampai membuat nangis-nangis ya. Pokoknya kerenlah.

Quotes:
Aku terbawa suasana dan hanya fokus kepada hal-hal yang tidak bisa kuubah sampai-sampai melupakan sesuatu yang paling penting.” ~hlm.221.

Kekuatan hati cukup bagi seseorang untuk melewati kenyataan yang dihadapinya, sepahit apa pun kenyataan itu. Meskipun tak bisa mengubah kenyataan, asalkan masih ada hati yang tergerak untuk berubah …. ~hlm.223

Rating:
4/5

Informasi Buku:
Judul Buku: Funiculi Funicula Before The Coffee Gets Cold
Pengarang: Toshikazu Kawaguchi
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2021
Jumlah Halaman: 224 halaman
ISBN: 978-602-065-1927

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: