[Review Buku] Switch: Mengubah Situasi Ketika Perubahan Sulit Terjadi

Hai semua! Kali ini aku akan membahas tentang buku pengembangan diri. Sebetulnya aku sangat jarang baca buku motivasi. Dulu sekali pernah suka baca. Tapi stop karena sulit mencari rekomendasi buku apa yang bagus, jarang ke toko buku, dan lebih banyak iklan buku fiksi yang berseliweran di medsos. Kemudian, seorang teman meminjamkan buku yang berjudul Switch. Ia berkata buku ini sangat bagus. Tadinya aku pikir akan menghabiskan waktu sampai berbulan-bulan untuk membacanya. Rupanya aku hanya perlu waktu satu hari saja untuk menyelesaikan buku yang tebalnya 300an halaman. Aku lupa catat berapa tepatnya jumlah halaman buku ini. Terima kasih sekali kepada Ko Moming yang telah meminjamkan buku ini. Bukunya memang beneran keren! Baca buku ini kayak lagi nonton video motivator. Semoga aku bisa praktekkan apa yang ditulis di buku ini terutama di dalam hal pekerjaanku. Semoga sukses selalu juga buat Ko Moming.

Oke, mari bahas tentang buku Switch karangan Chip Heath dan Dan Heath.

(((Spoiler 30%))) Buku Switch ini menjelaskan tentang perubahan, mulai dari sang Pawang, sang Gajah, dan Jalan. Sang Pawang dikaitkan dengan logika sedangkan sang Gajah adalah sisi emosional. Dalam buku ini dibabarkan bagaimana untuk mengarahkan sang Gajah dan sang Pawang agar kita dapat menuju ke perubahan yang lebih baik, disertai dengan banyak contoh.

Ada beberapa contoh yang aku suka di dalam buku ini. Yang pertama tentang seorang anak yang selalu membuat masalah di sekolahnya dan nilainya juga buruk. Seorang konselor di sekolah memanggilnya dan menggunakan metode terfokus sehingga kemudian si anak dapat mengurangi kenakalannya dan berubah menjadi anak yang lebih baik. Yang kedua adalah tentang seseorang yang dikirim ke Vietnam untuk mengatasi masalah gizi. Ia hanya punya waktu 6 bulan. Kemudian ia mengelompokkan ibu-ibu dan membuat penelitian di tempat ibu-ibu yang anaknya tidak kurang gizi. Di sana mereka menemukan bahwa ibu yang berhasil dalam masalah gizi menambahkan daun ubi dan udang-udang kecil ke makanan anak mereka, serta memberi makan dalam porsi kecil namun sering (setiap 4 jam). Ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok-kelompok kemudian mempraktekkan apa yang mereka pelajari dari ibu-ibu lain. Masalah kurang gizi pun dapat teratasi.

Contoh lain yang aku ingat adalah tentang seorang ibu yang dikirim ke sebuah sekolah untuk menjadi kepala sekolah di sana. Sekolah tersebut sangat kacau. Nilai-nilai anak-anaknya tidak bagus dan perilaku mereka tidak baik, begitu juga dengan orang tua anak-anak tersebut. Kemudian ibu guru ini membuat perubahan sedikit demi sedikit, seperti membuat beberapa guru berjaga di depan sekolah untuk menyambut siswa-siswa yang datang, memotivasi siswa terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran, dan membuat suasana terasa menyenangkan sebelum belajar sehingga siswa-siswa siap untuk belajar. Metode-metode yang digunakan bu guru akhirnya berhasil dan siswa-siswa sekolah tersebut berubah ke arah lebih baik.

Banyak sekali contoh yang dikemukakan dalam buku ini, ada beberapa yang aku tidak mengerti. Namun tidak masalah karena yang bisa dimengerti lebih banyak. Di bagian dua dan tiga dalam buku ada juga contoh kasus-kasus tentang perubahan dan metode-metode yang dapat digunakan jika pembaca mengalami kasus yang mirip dengan yang dicontohkan.

Baiklah! Jadi inti dari buku ini adalah saat kamu menghadapi sebuah situasi yang menuntut perubahan namun nampaknya perubahan itu akan sulit dilakukan, yang perlu kamu lakukan oalah fokus pada mencari solusi, bukan fokus mencari akar masalah. Akar masalah penting diketahui namun mencari solusi untuk memecahkannya jauh lebih penting. Untuk melakukan perubahan diperlukan motivasi, kepercayaan diri, memberikan arahan yang jelas, dan menyederhanakan jalan.

Quotes Favorit:
Untuk mendatangkan kemajuan dalam perubahan, Anda perlu cara untuk mengarahkan sang Pawang. Beri tahu ia ke mana harus pergi, bagaimana harus beraksi, tujuan mana yang harus dikejar. Dan itu sebabnya titik-titik terang menjadi begitu penting, karena merupakan harapan terbaik Anda untuk mengarahkan sang Pawang ketika Anda menginginkan perubahan. ~hlm.33.

Ketika Anda makin baik sedikit demi sedikit setiap hari, akhirnya sesuatu yang besar dapat terjadi… Jangan mengejar peningkatan yang cepat dan besar. Raihlah perbaikan kecil satu demi satu setiap hari. Itu cara satu-satunya untuk meraih kesuksesan – dan ketika itu terjadi, pengaruhnya berkepanjangan. ~hlm. 149.

Dalam bukunya, Mindset: The New Psychology of Success, Dweck mengungkapkan bahwa pola pikir bertumbuh akan membuat Anda lebih sukses hampir dalam segala hal. Itu karena orang-orang dengan pola pikir bertumbuh – mereka yang terus mengembangkan diri, berani mengambil resiko, menerima kritik, dan memiliki wawasan jangka panjang – senantiasa memikirkan kemajuan dalam kehidupan dan karier. ~hlm.170

Perubahan bukan peristiwa, melainkan proses. Proses memerlukan ketekunan dan kegigihan. ~hlm.263.

Rating:
4/5

Informasi Buku:
Judul Buku: Switch – Mengubah Situasi Ketika Perubahan Sulit Terjadi
Pengarang: Chip Heath dan Dan Heath
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: