[Review Film Serial] The Witch’s Diner

sumber gambar: asianwiki.com

Annyeonghaseo! Hai, apa kabar? Jumpa lagi di review film serial. Kali ini film yang baru selesai aku tonton judulnya The Witch’s Diner. Tadinya aku pikir judulnya Dinner ternyata Diner. Beda ya. Dinner artinya makan malam kalau Diner artinya kedai makan.

Oke jadi film ini tuh ceritanya tentang Kafe Penyihir. Kafe ini bisa mengabulkan permintaan orang yang datang untuk makan di sana. Tentu saja ada harga yang harus dibayar dan bayarnyanya nggak pakai uang! Pemilik kafe akan meminta sesuatu dari si pemohon. Bisa apa saja. Misalnya dia lihat mata si pemohon bagus, maka mata itulah harga bayarnya. Trus jam buka kafenya adalah sesudah matahari terbenam sampai matahari terbit alias malam hari. Uhuhuhu… agak menyeramkan ya suasananya. Apalagi judul cafenya itu ada kata Witch yang artinya penyihir. Dan memang benar pemilik kafenya adalah penyihir.

Nah pemilik kafe ini kita sebut saja Ibu Penyihir. Dia punya masa lalu yang kelam. Suatu hari dia pindahan ke sebuah daerah. Di daerah tersebut tinggal seorang perempuan muda berusia sekitar 28 tahun bernama Jung Jin. Jung Jin kerja di sebuah perusahaan namun akhirnya ia dipecat. Tak lama kemudian ia juga diputuskan oleh pacarnya padahal mereka sudah lama pacaran.

Saat Jung Jin menganggur, ibunya mengajak membuka restoran saja karena ada teman ibunya pernah menawarkan akan menyerahkan restorannya pada ibu Jung Jin. Akhirnya dengan tabungan yang ada, mereka membeli restoran tersebut. Awalnya restorannya ramai. Tetapi kemudian kokinya minta cuti. Setelah itu, restoran mereka makin sepi. Eh, nggak taunya si teman ibu memakai cara licik. Ia sengaja menjual restoran untuk membuka restoran baru di sebelah restoran lama. Kokinya pun dia ambil lagi.

Jung Jin dan ibunya sangat marah pada si teman yang licik. Namun si teman menyalahkan mereka tidak baca lagi surat perjanjian jual beli. Jung Jin dan ibunya akhirnya bangkrut. Di saat seperti itu, ayahnya Jung Jin sakit dan ibunya berangkat untuk merawat ayahnya. Tinggallah Jung Jin yang kebingungan.

Jung Jin yang marah-marah pada teman ibunya malah diseret ke kantor polisi. Di sana ia bertemu dengan anak SMA bernama Gil Young yang dibully oleh teman-teman sekelasnya. Namun karena teman-teman sekelasnya adalah anak orang berpengaruh, maka yang disalahkan adalah Gil Young. Jung Jin mencoba membela Gil Young namun tentu saja orang kaya yang menang. Jung Jin sendiri tidak dapat melawan teman ibunya yang juga kaya. Baik Jung Jin dan Gil Young sama-sama kalah oleh orang kaya.

Jung Jin pulang dengan kesedihan. Lalu saat ia berada di restoran, seseorang masuk. Ia adalah si Ibu Penyihir. Ibu Penyihir menawarkan Jung Jin untuk membeli restorannya. Ia juga mengatakan akan mengabulkan permintaan Jung Jin. Jung Jin antara percaya dan tidak akhirnya menyetujui tawaran Ibu Penyihir. Ia makan makanan masakan Ibu Penyihir dan meminta balas dendam pada teman ibunya.

Keesokan harinya ternyata permintaan Jung Jin dikabulkan. Teman ibunya mendadak tewas. Ia sangat shock. Lalu Ibu Penyihir datang ke restoran dan mengatakan bahwa sekarang ia adalah pemilik restoran tersebut. Jung Jin harus bekerja di sana.

Setelah itu beberapa hari kemudian datanglah Gil Young ke restoran tersebut. Ia juga punya permintaan gara-gara ia dan sahabatnya sering dibully oleh anak-anak orang kaya. Tak lama kemudian, Gil Young pun bekerja di restoran juga.

Komentar:
Awalnya aku mengira film ini seperti film Hotel del Luna di mana tokoh utamanya yang pemilik Hotel adalah hantu yang nggak bisa bereinkarnasi. Aku pikir Ibu Penyihir adalah Penyihir yang hidup ribuan tahun dan dikutuk sehingga nggak bisa bereinkarnasi. Soalnya di film ini Ibu Penyihir mukanya gitu-gitu aja sedangkan orang dari masa lalunya berubah. Tapi ternyata salah. Di film ini Ibu Penyihir adalah orang biasa yang memang keturunan penyihir. Ia bisa tua juga dan menjalani hidup seperti orang biasa. Kelebihannya adalah ia bisa menyihir.

Ya beginilah minusnya film Korea. Kadang ada yang tokohnya dibiarkan saja sama pemerannya dari muda sampai tua sedangkan teman-temannya saat muda diperankan oleh orang berbeda. Makanya jadi agak membingungkan filmnya.

Oke, biarkan masalah pemeran yang nggak berubah itu. Yang pasti film The Witch’s Diner ini agak seram. Setiap kali pemohon selesai mengucapkan permintaan, akan ada petir yang menyambar-nyambar dan suasanya jadi mencekam. Tapi jalan ceritanya seru.

Film ini tipe slice of life, jadi tiap episode tuh beda-beda pemohon yang datang ke resto. Tapi jalan cerita intinya tetap sama, yaitu menceritakan kenapa penyihir membuat Jung Jin dan Gil Young menjadi pegawainya. Trus di tiap kisah tentang pemohon, ada pelajaran hidup yang bisa dipetik. Misalnya di cerita tentang pemuda yang tidak bisa dapat pekerjaan gara-gara usianya sudah tua. Pada pengorbanannya, ia bisa mendapatkan apa yang ia inginkan. Intinya untuk mendapatkan apa yang diinginkan ada pula sesuatu yang harus dikorbankan. Namun apa salahnya berkorban jika pada akhirnya akan mendapatkan kebahagiaan? Dan kembali lagi, berkorban pun harus bijaksana juga. Jangan asal berkorban tapi tidak memikirkan dulu baik buruknya. Ini seperti di kisah tentang perempuan yang meminta supaya pacarnya bisa balik lagi sama dia.

Pemeran utama film ini adalah Song Ji Hyo yang berperan sebagai Ibu Penyihir. Unnie cocok banget berperan sebagai penyihir. Ya walaupun dandanannya jadi kayak saingan dengan film Sell Your Haunted House dan Hotel del Luna, nggak masalah. Keren kok si unnie. Trus di sini ada Nam Ji Hyun yang berperan sebagai Jung Jin. Nam Ji Hyun keren banget di episode akhir film ini. Hayo nonton sampai habis, ya! Selain itu ada Chae Jong Hyeop yang berperan sebagai Lee Gil Young. Sepertinya dia bakalan jadi the next idol. Bakalan jadi oppa-oppa idola, nih! Hohoho.

Nggak butuh waktu lama buat nonton film ini. Cuma ada 8 episode saja. Seminggu kelar kok nontonnya. Penyuka film fantasi cocok banget nonton film ini.

Rating:
8/10

Informasi Film:
Judul Film: The Witch’s Diner / Come to The Witch’s Restaurant
Genre: Dark Fantasy
Jumlah Episode: 8
Rilis: Juli – Agustus 2021
Stasiun: TVING
Negara/Bahasa: Korea
Pemain:
Song Ji Hyo sebagai Ibu Penyihir (Jo Hee Ra)
Nam Ji Hyun sebagai Jung Jin
Chae Jong Hyeop sebagai Lee Gil Young
Ha Do Kwon sebagai Mr. Oh, asistennya Ibu Penyihir
So Hee Jung sebagai ibunya Jung Jin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: