[Review Buku] Dollagoot: Toko Penjual Mimpi

sumber gambar: shopee

Hai! Hai! Aku baru saja menyelesaikan baca novel berjudul Dollagoot: Toko Penjual Mimpi karangan Lee Mi Ye. Buku yang diterbitkan oleh Penerbit Baca ini lumayan tebal. Ada 290 halaman. Bacanya sekitar seminggu. Nggak butuh waktu lama karena ceritanya oke.

Sinopsis:
Dikisahkan dalam buku ini ada sebuah desa yang hanya dapat dikunjungi ketika manusia tidur. Di desa itu ada kehidupan juga. Ada toko-toko, bank, rumah-rumah, jalan raya, dan hutan. Mirip dengan dunia manusia. Bedanya adalah di sana ada makhluk yang bisa terbang dan hewan berbulu lebat yang dapat berbicara.

Toko yang terkenal di dunia mimpi tersebut bernama Dollagoot. Ini adalah tokoh penjual mimpi. Toko ini selalu ramai dikunjungi oleh manusia dan hewan yang ingin tidur panjang atau hanya sekadar tidur siang. Tokonya terdiri dari beberapa lantai dan setiap lantai menjual mimpi dengan genre berbeda. Ada mimpi tentang perjalanan istimewa, mimpi bertemu orang yang disukai, mimpi makan, mimpi pertanda punya anak hingga mimpi buruk dan mimpi misterius.

Pemilik toko tersebut bernama Dollagoot. Pegawainya yang sudah senior adalah bibi Weather. Lalu ada manajer toko yang menjaga setiap lantai toko mulai dari Vigo Myers, Speedo, Mogberry, dan Motale. Toko Dollagoot menjual mimpi karya produser mimpi terkenal seperti Aganef Coco, Nicholas, Wawa Sleepland, dan lain-lain.

Suatu hari ada seorang anak muda bernama Penny yang melamar bekerja di Dollagoot: Toko Penjual Mimpi. Ia mempelajari buku-buku tentang mimpi supaya dapat diterima di toko Dollagoot. Akhirnya setelah diwawancarai, Penny pun diterima bekerja di sana. Di toko ini Penny mendapatkan banyak pengalaman.

Komentar:
Buku ini genrenya fantasi. Beneran fantasi. Baca buku ini serasa masuk ke dalam dunia mimpi. Lalu berandai-andai bisa pergi ke sana juga untuk memilih mimpi apa yang ingin dimimpikan saat tidur. Sepertinya enak banget kalau kita bisa memilih ingin bermimpi apa saat tidur. Jadi nggak kaget-kagetan kalau tiba-tiba kedapetan mimpi dikejar nenek sihir. Hehehe.

Ada beberapa bab dalam buku ini. Setiap bab ceritanya berbeda. Kalau komik atau film istilahnya slice of life. Cerita dari tiap bab berbeda, nggak nyambung, tapi ada kaitan sedikit dengan bab sebelumnya. Misalnya di bab agak belakang diceritakan Penny pergi ke rumah produser mimpi. Penny pernah bertemu dengan produser tersebut di sebuah acara yang diceritakan pada bab sebelumnya.

Selain ceritanya yang menghibur, ada banyak pelajaran tentang hidup yang dapat kita dapat dari membaca buku ini. Berikut ini quotes yang menarik yang aku kutip dari buku:
“Manusia kan bukan mobil yang bisa menyetir sendiri. Mereka tidak hanya melaju melihat ke tujuan akhir. Hidup baru akan terasa sempurna kalau kita tahu cara untuk menyalakan mesin, menginjak gas, dan kadang menginjak rem secara langsung.” ~hlm.106.

“Jika dipikirkan dengan cara berbeda, masa paling menyusahkan bisa menjadi momen saat kita mengerahkan seluruh tenaga untuk membebaskan diri dari kesulitan. Masa yang telah berlalu itu bisa terlihat berbeda tergantung dengan cara kita mengingatnya. Anda bisa hidup baik-baik saja saat walau telah melewati masa seperti itu. Bukankah ini bukti betapa kuatnya diri Anda?” ~hlm.135.

“Kalian memiliki sesuatu yang mengekang saat ini, baik itu ruang, waktu, atau kekurangan fisik…. Namun, aku harap kalian semua tidak fokus hanya memikirkan itu. Fokuslah untuk menemukan sesuatu yang bisa membuat hidup dengan bebas.” ~hlm.207.

“…Ada dua cara untuk mencintai hidup kita sendiri. Pertama, kita harus berusaha sekuat tenaga untuk melakukan perubahan saat merasa tidak ada yang memuaskan di dalam hidup. Lalu cara kedua…. Mau menerima apa adanya dan puas dengan hidup kita sendiri. … jika kita bisa benar-benar menjalankannya, Kita akan sadar bahwa selama ini kebahagiaan ternyata sudah ada di dekat kita.” ~hlm. 242-243.

Rating:
4/5

Informasi Buku:
Judul Buku: Dollagoot: Toko Penjual Mimpi
Pengarang: Lee Mi Ye
Penerbit: PT Bentara Aksara Cahaya
Tahun Terbit: 2021
Jumlah halaman: 290
ISBN: 978-602-6486-60-8

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: