[Review Buku] Kim Ji Yeong: Lahir Tahun 1982

sumber gambar: gpu.id

Blurb:
Kim Ji Yeong adalah anak perempuan yang lahir pada tahun 1982. Ia punya seorang kakak perempuan dan seorang adik laki-laki. Ia berasal dari keluarga di Korea yang menganut sistem partriaki. Perempuan pada masa itu tidak dianggap. Kim Ji Yeong mengalami ketidak-adilan di sekolah maupun di tempat kerja karena ia perempuan. Ia menjadi bulan-bulanan teman-teman laki-laki di sekolah. Guru-guru laki-laki di sekolah tentu saja lebih memprioritaskan murid laki-laki. Begitu pula saat ia kuliah. Ia tidak mendapat rekomendasi dari dosen untuk bekerja di perusahaan walaupun ia punya nilai yang bagus. Tetapi kaum laki-laki yang biasa-biasa saja bisa mendapat rekomendasi untuk bekerja di perusahaan yang bagus.

Kim Ji Yeong bekerja di tempat yang lebih mementingkan laki-laki. Ia kemudian menikah dan keluarga suaminya pun lebih mementingkan laki-laki. Pada hari raya, ia tidak pulang ke rumahnya malah harus bekerja membantu persiapan hari raya di rumah keluarga suaminya. Saat ia mengandung, tak seorang pun memberi tahu ia tentang bagaimana nanti jika bayi telah lahir. Ia mendapat perlakuan yang tidak baik hanya karena ia sedang hamil, baik itu di tempat kerja maupun saat ia sedang minum kopi di cafe.

Ketika anaknya telah lahir, Kim Ji Yeong telah berhenti bekerja. Ia mengurus rumah tangga dan mengasuh anak. Saat itulah Kim Ji Yeong mulai bertingkah aneh. Ia mulai mengalami depresi.

Komentar:
(((Review mengandung Spoiler)))

Baca buku ini nggak berasa baca novel, tapi lebih berasa baca biografi seseorang. Ah ya, padahal ini tokoh fiksi. Namun pengarang membuatnya nampak hidup. Seolah-olah ia adalah salah satu dari kita, perempuan yang lahir di Bumi.

Kim Ji Yeong lahir tahun 1982 di masa kaum lelaki dinomorsatukan. Ia berada pada masa di mana kaum perempuan dianggap hanya sebagai pelengkap saja. Kaum perempuan tidak punya hak yang sama seperti kaum laki-laki.

Buku ini mengangkat isu perbedaan gender. Ada tentang misoginis yang banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Ya, walaupun katanya perempuan sekarang derajatnya sudah disamakan dengan laki-laki tapi pada praktiknya tetap saja ada perempuan-perempuan yang dianggap lebih rendah.

Aku suka cerita buku ini. Bahasanya oke, ceritanya mengalir. Tapi pada bagian akhirnya aku nggak mengerti. Sepertinya kalau bagian akhir itu tidak ada, tidak masalah. Menurutku itu tidak penting. Hanya merusak cerita yang sudah bagus dari awal. Mungkin cukup sampai dokter menganalisa apa yang terjadi pada Kim Ji Yeong saja, tidak perlu menceritakan tentang keluarga si dokter.

Bukunya nggak tebal, hanya 192 halaman. Ini buku kedua karangan Cho Nam-Joo yang kubaca. Sebelumnya aku baca Saha Mansion. Buku yang ini ceritanya lebih oke. Ceritanya sudah difilmkan juga. Menurutku perempuan-perempuan harus baca buku ini. Para laki-laki juga harus baca biar tahu bagaimana sebenarnya nasib perempuan itu.

Rating:
4/5

Informasi Buku:
Judul Buku: Kim Ji Yeong Lahir Tahun 1982
Pengarang: Cho Nam-Joo
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2021 (cetakan kedelapan)
Jumlah Halaman: 192 halaman
ISBN: 9786020636191

2 thoughts on “[Review Buku] Kim Ji Yeong: Lahir Tahun 1982

  1. Sudah nonton filmnya dan bikin emosi sih karena budaya menantu perempuan yg dianggap seperti babu keluarga suaminya dll, salut sama suaminya yg berusaha cari tau apa yg dialami istrinya, sayangnya jadi kontroversial di Korsel karena dianggap mendukung feminisme. Untuk bukunya baru baca beberapa kata aja, belum sempet baca semua. Mungkin lebih detail lagi ketimbang filmnya.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: