[Review Buku] Dark Matter

sumber gambar: mizanstore.com

Blurb:
Suatu malam – tanpa firasat apa pun – Jason Dessen diculik. Sesuatu disuntikkan ke tubuhnya. Dia mendapati dirinya terbangun di dunia yang berbeda. Di sana istrinya bukanlah istrinya dan anaknya tak pernah terlahir sama sekali. Di sana dia bukanlah dosen fisika biasa, melainkan genius terkenal yang telah melakukan hal-hal istimewa. Di sana segalanya tampak sama, sekaligus berbeda. Ke mana kehidupannya yang lama? Bagaimana caranya agar dia bisa kembali?

Hanya itulah yang Jason inginkan: kembali ke keluarga yang dicintainya, tempat dia merasa bahagia. Namun perjalanan menuju ke sana demikian berliku dan menakutkan, melebihi imajinasi terliarnya.

Komentar:
Seperti blurb di belakang buku: “Apa kau bahagia dengan hidupmu? Pernahkah kau bertanya-tanya bagaimana jika seandainya kau mengambil pilihan yang berbeda?”
Seperti itu pula cerita dalam buku ini.

Buku ini bercerita tentang sebuah kotak ciptaan seorang ilmuwan meta fisika yang dapat mengantar seseorang pergi ke dimensi lain dari kehidupannya yang sekarang. Orang yang membuat itu adalah Jason Dessen dari dunia lain. Sementara Jason Dessen di masa ini adalah seorang dosen fisika biasa. Jason yang ilmuwan terkenal menukar kehidupannya dengan Jason Dessen yang seorang dosen biasa. Ia melempar Jason Dessen biasa ke dunianya.

Jason Dessen biasa awalnya tidak mengerti apa yang terjadi. Kemudian ia mengamati keadaan dan mendapatkan kesimpulan. Ia berjuang untuk kembali ke dunianya sendiri. Itu tentu saja tidak mudah.

Ada jutaan dimensi kehidupan ketika Jason Dessen berhasil masuk ke dalam kotak yang dibuat oleh Jason Dessen 2. Dimensi itu tak terhingga banyaknya. Sementara itu, ia hanya punya sedikit kesempatan untuk masuk ke dunia-dunia yang dipilihnya.

Buku ini menceritakan bahwa dalam hidup ini ada banyak pilihan. Ketika seseorang dihadapkan pada dua pilihan, pilihan-pilihan itu akan membuat banyak cabang pilihan lainnya. Dan akhirnya akan ada tak terhingga kejadian yang dimunculkan dari dua pilihan awal. Sama halnya seperti bakteri yang membelah diri. Dari satu menjadi dua. dari dua menjadi empat dan seterusnya.

Itulah yang dialami oleh Jason Dessen saat ingin keluar dari dimensi kehidupan Jason Dessen 2. Berada dalam dunia lain membuatnya mempertanyakan arti hidupnya. Apakah ia bahagia? Apakah ia mengambil jalan yang benar? Apakah ia telah membuat keputusan yang tepat? Apakah istrinya bahagia? Apakah anaknya bahagia? Ia hanya ingin kembali ke rumahnya, bertemu kembali dengan istri dan anaknya. Hanya itu. Namun tidak semudah itu. Apakah ia dapat membuat pilihan yang tepat?

Buku ini juga menceritakan tentang pikiran manusia. Apa yang kau pikirkan, itulah yang akan terjadi. Pikiran manusia begitu kompleks. Satu hal saja yang dipikirkan dapat membuat berbagai macam hal yang terjadi. Begitu rumit. Begitulah yang dihadapi Jason Dessen saat ia berada dalam kotak yang memiliki banyak pintu.

Buku ini seru! Benar-benar seru! Padahal bukunya tebal. 462 halaman. Tapi tidak butuh waktu lama untuk membacanya.

Rating:
5/5

Informasi Buku:
Judul Buku: Dark Matter
Pengarang: Blake Crouch
Penerbit: Penerbit Noura
Tahun Terbit: 2017
Jumlah Halaman: 462 halaman
ISBN: 978-602-385-185-0

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: