[Review Buku] Kill Me If You Can

Sinopsis:
Terjadi serangan tembak-tembakan di Grand Central New York. Seorang pembunuh bayaran mengejar pembunuh bayaran lainnya. Terjadi kekacauan di area tersebut. Orang-orang begitu panik. Di saat tersebut, Matthew Bannon, seorang mahasiswa seni, mendekati orang yang kena tembak. Lalu ia menemukan sebuah tas yang dalamnya penuh dengan berlian. Tidak perlu berpikir panjang, ia membawa tas tersebut keluar dari kekacauan. Seorang polisi bertanya padanya namun ia berhasil mengelabui polisi tersebut dengan mengaku sebagai dokter. Matthew berhasil kembali ke rumahnya dengan selamat. Ia berpikir, dengan berlian-berlian di tangannya itu, ia bisa hidup menyenangkan dengan kekasihnya yang berprofesi sebagai dosen di tempat kuliahnya.

Sementara itu, Chukov, mafia yang menangani masalah berlian tersebut merasa telah ditipu anak buahnya yang bernama Zelvas. Zelvas mencuri berlian-berlian tersebut dari sindikat mereka. Pimpinan mereka, Nathaniel, marah kepada Chukov dan meminta Chukov menyelesaikan kekacauan. Padahal saat itu Zelvas telah mati dibunuh di Grand Central. Chukov menyewa pembunuh bayaran lainnya untuk mencari berlian-berlian yang hilang. Pembunuh bayaran yang telah disewanya bernama Ghost. Namun ia harus bergerak cepat sehingga menyewa satu orang lagi yang bernama Marta Krall. Marta Krall terkenal sebagai pembunuh bayaran yang kejam. Yang ada di pikiran Chukov adalah ia mendapatkan berliannya sementara kedua orang pembunuh bayaran yang disewanya bisa saling membunuh karena masing-masing ingin menang. Chukov yang licik bekerja sama dengan polisi setempat untuk mencari identitas orang yang membawa tas penuh berlian.

Matthew Bannon yang telah memiliki tas penuh berlian mencoba menanyakan harga berlian yang ditemukannya itu di beberapa toko. Dengan banyaknya berlian yang dimilikinya, ia berpikir ia akan kaya. Lalu ia memutuskan mengajak Katherine berangkat ke Paris untuk bersenang-senang. Namun, ternyata para mafia telah menemukan identitasnya. Ia menjadi incaran Chukov. Pertarungan pun dimulai.

Review:
Buku ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu Prolog, Bab Satu, Bab Dua, Bab Tiga, dan Epilog. Bagian Prolognya seru. Namun di Bab 1 ceritanya terasa lambat dan agak membosankan. Tapi…. Begitu masuk bagian Dua sampai habis, ceritanya jadi seru banget. Banyak hal tak terduga yang diungkapkan satu per satu di bagian ini. Baca buku ini seperti sedang nonton film action. Seru dan menegangkan!

Dari sekian banyak bagian-bagian yang seru dari buku ini, ada juga bagian yang menjijikkan. Itu adalah cerita hubungan yang aneh antara pria dan wanita. Dan bahasanya menurutku agak vulgar. Baca aja sendiri kalau nggak percaya. Tapi kalian harus sudah berusia di atas 18 tahun ya. Jangan berikan buku ini pada anak kecil untuk dibaca.

Oh ya satu lagi tentang buku ini. Karena buku ini adalah buku terjemahan, banyak kosakata bahasa yang bisa dipelajari, terutama bahasa Rusia.

Rating:
Aku beri 4 bintang dari skala 5 bintang.

Informasi Buku:
Judul Buku: Kill Me If You Can
Pengarang: James Patterson dan Marshall Karp
Genre: mystery, suspense, thriller, crime fiction
Tahun Terbit: Mei 2018
Penerbit: Penerbit Spring
Jumlah Halaman: 408 halaman
ISBN: 978-602-6682-22-2

Advertisements

Yang Jangan dan Boleh Dilakukan Saat Pergantian Tahun

Wah, sudah malam tahun baruan aja, nih! Ngapain aja di malam tahun baruan ini? Bakar-bakaran? Nonton konser? Jalan-jalan? Atau…. tidur? Apapun itu, ada yang jangan dilakukan di saat pergantian tahun ini dan ada yang boleh dilakukan. Cek yukkkk!

1. Makan
Namanya malam tahun baru ya… So pasti pada mau makan-makan. Ada yang pilih ke tempat makan semacam resto, cafe, warung, de-el-el dan ada juga yang masak sendiri atau beli trus bawa pulang.
Don’t: Jangan makan di jalan!
Biasanya ada ajakan teman seperti ini, nih:

Teman: “Malam tahun baruan, nih! Ayo jalan!”
Kita: “Sekalian makan-makan ya?”
Teman: “Ya, iyalah. Ntar kita makan di jalan. Yuk, ah, cusss!”
Do: Kalau mau makan, makanlah di tempat yang aman. Jangan makan di jalan nanti ditabrak kendaraan!!
Tambahan buat don’t:
– no drugs and no alcohol karena berbahaya banget!

2. Bakar-bakaran
Tahun baruan identik dengan bakar-bakaran. Soalnya seru sambil menunggu jam 12 teng, panggang ini itu, bakar ini itu.
Don’t: Jangan bakar emosi orang ya. Dan jangan bakar gas elpiji mentang-mentang kamu jomblo atau nggak ada yang ngajakin tahun baruan bareng. Oh ya, nggak perlu juga bakar kemenyan trus baca mantra jampi-jampi gara-gara nggak ditolak gebetan. Wkwkwk.
Do: Bakarlah yang patut dibakar misalnya jagung, sate, pempek. Alhasil habis bakar-bakaran, makan, perut pun kenyang.

3. Berkendaraan
Ada yang malam tahun baruannya pergi jalan-jalan naik motor? Naik mobil? Pasti ada. Biasanya malam tahun baruan ini seru-seruan kan…

Tahun boleh baru, tapi nyawa nggak ada yang baru Saudaraku. Jadi jaga diri dan jangan sampai dapat petaka di malam tahun baru.

Don’t: Jangan kebut-kebutan! Ingat, Anda bukan Valentino Rossi! Dan, ingatlah bahwa jalanan bukan punya mbahmu. Masih banyak pengguna jalanan lainnya yang ingin hidup tentram, bahagia, sehat, sejahtera. Jangan kau rusak kebahagiaan mereka. Hihihi
Do: Jalanlah di jalan yang benar. Wkwkwk. Ngebut berarti maut. Hahha! Dan seperti kata gambar di atas, jangan mencari bahaya!
Waspadalah! Waspadalah! *pinjam kata-kata bang napi

4. Petasan dan Kembang api
Malam tahun baru tanpa petasan dan kembang api tuh serasa ada yang kurang ya. Nggak berisik dan nggak ada bunyi berdentum-dentum rasanya aneh.
Don’t: Tolong kalau bisa main petasannya jangan di dekat rumah yang ada anak kecilnya atau ada nenek kakek yang jantungan. Bisa nggak sih? Kasihan nanti mereka nggak bisa tidur atau parahnya sampai masuk rumah sakit gara-gara bunyi petasan. Huft! Lelah hayati…
Do: Seru-seruan main petasannya di lapangan luas aja deh! Pakai peredam suara kalau bisa. Wkwkwk. Ingat: kalau bisa ya…

5. New Relationship
Entah kenapa aku terpikir aja tentang hal ini. Gara-garanya melihat banyak yang menghabiskan waktu bersama pasangannya. Ada yang masih flirting sama gebetan. Buat yang sudah nikah semoga langgeng-langgeng aja. Bagian kelima ini khusus buat yang lagi pedekate aja. Hohoho
Don’t: Jangan nembak gebetan kamu di tanggal 31 Desember atau 1 Januari!! Please, don’t do that! Soalnya kalau si dia langsung oke pada tanggal tersebut trus nantinya kalian putus, rasanya sakit banget, tau’! Bakalan sedih pas ngerayain tahun baruan karena keinget pernah jadian di tahun baruan. Huhu!
Do: Kalau mau nembak gebetan pliss pilih tanggal lain aja, deh! Dari 31 hari kan masih ada tanggal lainnya toh?

6. Lain-lain
Don’ts:
– Berisik dan teriak-teriak nggak jelas. Hati-hati nanti diangkut ke RSJ.
– Mencuri, maling, mencopet, menjambret. Kecuali kamu mau mencuri hati si dia, it’s okay lah.
Dos:
– Tidur aja kalau nggak ada kerjaan.
– Berdoa dan mendoakan yang terbaik buat diri sendiri dan orang lain tuh hal yang baik.

Oke, cukup sekian ya temans. Kalau ada yang mau menambahkan, silakan… Kalau ada komentar lainnya juga silakan. Akan diterima dengan senang hati. Hehehe.

Akhir kata aku ucapkan mohon maaf apabila ada kesalahan di sepanjang tahun 2018 baik sengaja maupun tidak disengaja. Terima kasih juga sudah menjadi pembaca dan pemberi like di blog ini. Doa terbaik buat kita semua. Selamat tahun baru!

[Review Film Serial] Devilish Joy

sumber gambar: asianwiki.com
sumber gambar: asianwiki.com

Sinopsis:
Di film ini ada dua tokoh utama yaitu Joo Gi Bbeum dan Gong Ma Sung. Joo Gi Bbeum awalnya adalah seorang aktris sekaligus penyanyi yang terkenal. Suatu hari ia sedang ada pekerjaan di Hainan, Cina. Namun ia mendadak tersesat. Saat tersesat ia sakit perut dan hendak menumpang ke toilet sebuat restoran. Saat itulah ia bertemu dengan Gong Ma Sung. Gong Ma Sung adalah seorang dokter ahli saraf dari Sunwoo Group yang terkenal di Korea. Ia ada di Hainan karena harus bertemu dengan klien rumah sakit. Saat menunggu itu akhirnya ia membantu Joo Gi Bbeum.

Gong Ma Sung dan Joo Gi Bbeum yang baru bertemu sebentar saling jatuh cinta. Mereka berjanji bertemu di sebuah tangga pada malam hari. Sebelum mereka bertemu ada dua kejadian. Pertama, Gong Ma Sung yang sedang berada di cafe untuk membuat tato melihat dua orang mencurigakan yang ingin mencelakai Joo Gi Bbeum. Ia mengikuti kedua orang tersebut. Namun naasnya, saat menyeberang jalan ia ditabrak oleh truk. Kejadian kedua, Joo Gi Bbeum terpaksa harus bertemu dengan aktor Min Hyung Joon yang tidak disukainya di sebuah cafe. Aktor tersebut diam-diam telah memasukkan obat ke dalam minuman Joo Gi Bbeum. Akibatnya Joo Gi Bbeum tidak sadarkan diri. Lalu ia dibawa ke hotel. Keesokan paginya, saat Joo Gi Bbeum sadarkan diri, Min Hyung Joon ditemukan tewas.

Tiga tahun kemudian, Joo Gi Bbeum tidak lagi menjadi aktris. Ia bangkrut dan punya banyak hutang gara-gara dituduh membunuh. Ia ingin membersihkan nama baiknya tetapi belum menemukan caranya. Sementara itu, Gong Ma Sung menderita sakit ingatan gara-gara kecelakaan 3 tahun lalu. Ia tidak bisa mengingat kejadian yang terjadi di hari kemarin. Karena itulah ia menulis jurnal harian setiap malam agar keesokan paginya ia mengetahui apa saja yang terjadi di hari sebelumnya.

Joo Gi Bbeum dan Gong Ma Sung tidak sengaja bertemu di rumah sakit. Tentu saja Gong Ma Sung tidak ingat dengan Joo Gi Bbeum. Namun, mereka berdua terus saja bertemu baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Lama kelamaan, Gong Ma Sung mengingat sedikit apa yang terjadi pada dirinya. Ia bertekad untuk membantu Joo Gi Bbeum untuk membersihkan nama baiknya. Namun usahanya tidak mudah. Ada orang-orang yang ingin menjatuhkannya.

Joo Gi Bbeum pada akhirnya mengetahui sakit yang diderita Gong Ma Sung. Ia dan Gong Ma Sung lalu berpacaran. Namun bibinya Gong Ma Sung tidak suka padanya. Walaupun demikian, Joo Gi Bbeum tidak mempedulikannya. Selain dibantu Gong Ma Sung untuk mencari penjahat yang membuatnya jadi tersangka, ia juga dibantu Sung Ki Joon, sepupu Gong Ma Sung, dan beberapa temannya.

Review:
Secara keseluruhan, filmnya oke banget. Lucu dan ceritanya menarik. Pas episode akhir-akhir ceritanya jadi mengharukan. Siap-siap tisu pas nontonnya. Eh, tapi endingnya happy kok. Hehe. Selain ceritanya yang oke, lagu-lagu di film ini juga keren-keren.

Rating:
Aku beri nilai 4 dari skala 5 untuk film ini.

Informasi Film:
Judul film: Devilish Joy / Devilish Charm
Genre: romantic comedy, memory loss
Jumlah episode: 16 episode
Rilis: September – Oktober 2018
Stasiun TV: MBN, Dramax
Pemain:
Choi Jin Hyuk sebagai Gong Ma Sung
Song Ha Yoon sebagai Joo Gi Bbeum
Hoya sebagai Sung Ki Joon
Lee Joo Yeon sebagai Lee Ha Im

Ketika Duniamu Gelap Sebagian

Saat kau mendapati duniamu gelap sebagian, apa yang akan kamu lakukan?
Apa yang pertama kali terlintas dalam benakmu? Dunia kiamat? Kematian sudah dekat?

Mata yang biasanya bisa melihat dengan jelas, kini gelap sebagian. Bisa melihat tetapi ada sebagian gelap. Dunia nampak berbayang-bayang. Pusing tentunya. Sakit kepala itu pasti.

Aku bertanya padamu: “Apakah kamu punya palu? Aku mau pinjam kalau kamu punya.”
Kamu balik bertanya: “Untuk apa?”
Aku mengatakan: “Untuk mengobati sakit kepalaku. Tapi menunggumu mengantarkan palu akan memakan waktu. Jadi, aku batalkan saja pinjam palunya. Di sini ada dinding. Hantam. Selesai.”
Lalu kamu berkata: “Jangan begitu! Istirahat saja. Makan obat.”

Benar… Obat. Istirahat. Akan kulakukan. Lalu, nonton K-Drama. K-drama biasanya ampuh menyembuhkan segala penyakit. Tapi… Sakit itu masih saja ada.

Ah, ya! Bumbu-bumbu! Jika rasa masakan tak enak, tambahkan penyedap rasa, garam atau kecap atau sambel. Kurasa akan bekerja juga jika tak enak badan. Mungkin…

Lalu, untuk dunia yang gelap sebagian ini… Akan kuminta Om Petugas PLN untuk tidak mematikan listrik hari ini. Ya, begitu!

[Review K-Movie] Beautiful Vampire

sumber gambar: asianwiki.com
sumber gambar: asianwiki.com

Film yang dirilis bulan Juli 2018 ini menceritakan tentang kehidupan seorang vampir perempuan bernama Ran. Ran telah menjadi vampir selama 500 tahun. Ia tinggal di sebuah bangunan dan menjalankan usaha salon tata rias.

Cerita film ini bukan film horor yang vampirnya menyerankan tetapi lebih ke komedi. Vampirnya juga bukan vampir jadul, tapi vampir zaman now. Vampir Ran tidak menghisap darah manusia. Ia makan puding darah yang dibelinya dari toko daging dekat tempat tinggalnya. Puding tersebut diblendernya dan dimasukkan ke botol-botol plastik. Ia bisa keluar di siang hari dengan memakai tabir surya.

Suatu ketika, pemilik gedung tempat tinggal Ran datang memberi pengumuman bahwa sewa gedung dinaikkan. Ran yang bukan vampir kaya berusaha keras mencari uang untuk membayar sewa. Ia membagi-bagikan brosur untuk mempromosikan salonnya. Ia juga menuliskan pengumuman di depan salonnya dan memberikan diskon agar ada yang datang untuk menggunakan jasanya.

Kemudian, datanglah seorang pemuda bernama So Nyeon yang meminta dirias karena akan mengikuti audisi. Saat merias So Nyeon, Ran merasakan bahwa bau So Nyeon mirip dengan bau Jin Yi. Jin Yi adalah seorang yang disayangi Ran pada saat ia baru berubah menjadi vampir. Jin Yi menjadi temannya dan sangat baik pada Ran.

Ran mengira bahwa So Nyeon adalah Jin Yi. Ia mengikuti So Nyeon ke audisi. So Nyeon yang ternyata anak pemilik gedung tempat Ran tinggal jatuh cinta pada Ran. Kehidupan Ran sedikit terusik oleh hadirnya So Nyeon. Selain itu, pemiik gedung juga mencurigai siapa sebenarnya Ran.

Film ini lucu tapi agak kurang greget. Serunya juga nanggung. Tapi lumayanlah buat hiburan di hari libur.

Rating:
Untuk film ini aku beri rating 3 dari skala 5.

Informasi Film:
Judul: Beautiful Vampire
Genre: Fantasy, Romance
Rilis: Juli 2018
Durasi: 72 menit
Pemain:
Jung Yeon Joo sebagai Ran
Song Kang sebagai So Nyeon
Park Jun Myun sebagai pemilik gedung dan ibunya So Nyeon

[Review K-Movie] On Your Wedding Day

sumber gambar: asianwiki.com
sumber gambar: asianwiki.com

FIlm ini rilis bulan Agustus 2018 di Korea sana. Tokoh utamanya adalah Woo Yeon. Saat SMA, Woo Yeon ini suka berkelahi dan malas belajar. Suatu hari ada anak perempuan pindahan masuk ke kelasnya. Namanya Seung Hee. Saat Seung baru masuk sekolah, Woo Yeon sedang dihukum di ruang guru. Woo Yeon jatuh cinta pada anak baru tersebut.

Seung Hee sangat cantik sehingga menjadi idola baru di sekolah barunya. Ketua geng anak nakal yang sering berantem dengan Woo Yeon mengincar Seung Hee. Woo Yeon tidak tinggal diam. Ia mencoba mendekati Seung Hee. Kemudian mereka membuat perjanjian. Jika Seung Hee berpura-pura menjadi pacar Woo Yeon, geng anak nakal tidak akan mengganggu mereka. Lalu mereka menjalankan perjanjian. Mereka pun menjadi akrab dan seperti pacaran betulan.

Suatu hari, Woo Yeon mengetahui bahwa Seung Hee sebenarnya lari dari ayahnya yang jahat. Woo Yeon tidak tahu bagaimana cara menyelamatkan Seung Hee. Seung Hee kabur bersama ibunya ke kota lain tanpa memberitahu Woo Yeon. Tentu saja Woo Yeon menjadi sedih.

Setelah lulus SMA, Woo Yeon bekerja paruh waktu dan tidak kuliah. Ia masih memikirkan Seung Hee. Suatu ketika ia melihat foto Seung Hee kuliah di sebuah universitas. Woo Yeon mati-matian belajar agar dapat diterima di universitas tersebut. Karena ia tidak begitu pintar dalam bidang akademik, ia mengambil jurusan olahraga. Ia pun akhirnya diterima di universitas tersebut.

Secara tak sengaja Woo Yeon bertemu Seung Hee. Seung Hee mencarikan kos untuk Woo Yeon. Woo Yeon sangat senang karena bertemu kembali dengan cinta pertamanya. Tapi, ternyata Seung Hee sudah punya pacar. Dan Woo Yeon mengetahui bahwa pacar Seung Hee adalah orang yang brengsek. Ia mencoba memberitahu Seung Hee tapi Seung Hee tidak percaya. Mereka berpisah lagi untuk beberapa waktu

Beberapa waktu kemudian, Woo Yeon dan Seung Hee sudah dewasa. Mereka bertemu kembali. Woo Yeon sudah mempunyai tunangan. Seung Hee menjadi pembawa acara. Woo Yeon kembali berteman dekat dengan Seung Hee. Namun hubungan mereka tidak berjalan dengan baik.

Review:
Inti ceritanya, kalau tidak jodoh tidak akan bisa bersama. Kalau memang sudah ditakdirkan menjadi teman, ya selamanya akan tetap berteman saja. Nggak bisa maksain.

Cerita film ini oke. Karena genrenya drama dan sedikit spoiler di awal film beserta judulnya, jadi tahu ceritanya tentang apa. Lumayan buat menghibur di waktu luang. Dan agak sedikit menyebalkan kedua tokoh utamanya di bagian agak akhir. Sebenarnya mereka masih sama-sama suka, tapi… sama-sama tidak mau mengalah. Ya sudah deh, selesai!

Pemain filmnya cukup terkenal yaitu Park Bo Young (yang main di drama Strong Woman Do Bong Soon) dan Kim Young Kwang (main di drama Room No.9). Trus pelajaran berharga dari film ini adalah, kalau kamu menginginkan sesuatu kamu harus bekerja keras untuk mencapainya.

Rating:
Aku beri 3 bintang dari skala 5. Nonton aja kalau lagi ada waktu luang. Filmnya lumayan lucu, kok.

Informasi Film:
Judul Film: On Your Wedding Day / Your Wedding
Genre: drama, komedi romantis
Durasi: 110 menit
Rilis: Agustus 2018
Pemain:
Kim Young Kwang sebagai Woo Yeon
Park Bo Young sebagai Seung Hee

Lucu-lucuan di Hari Libur

Akhir tahun, nih! Libur tlah tiba. Hore! Hore!
Liburan tuh enaknya diisi dengan kegiatan santai, ngerjain hobi, dan lucu-lucuan biar seru. Mari ngelawak sejenak!

1. Blog

“Hai, Jeng! Lagi ngapain?”
“Mau ngeblog, nih, Sis!”
“Liburan gini kok ngeblog? Nggak jalan-jalan aja, Jeng?”
“Blog itu ibaratnya pacar. Kalau punya pacar jangan di-anggur-in tapi di-apel-in. Makanya harus dikunjungi blognya.”
“Iya, deh.”

2. Urus-gemuk

“Halo, Jeng. Sibuk apa, nih?”
“Hai, Sis! Aku lagi sibuk ngurusin dapur trus ngurusin jemuran, ngurusin cucian, dan ngurusin kamar, nih! Mau bantu?”
“Waduh! Liburan gini kamu ngurusin ini ngurusin itu? Kapan kamu nggemukin badan? Pantesan aja kamu nggak gemuk-gemuk. Ngurusin terus sih kerjaannya.”
“Jiah, cape deh!!”
“Tuh, kan… cape. Ckckck.”

3. Sprei

“Hei, Jeng!”
“Hei Tayo!”
“Lagi apa, Jeng?”
“Lagi bongkar sprei, nih!”
“Wah, mumpung liburan ya, Jeng! Ganti sprei biar tidur lebih nyenyak!”
“Hmmm… Tapi, boleh nggak ya kasurnya nggak usah dipakaikan sprei? Aku malas pasang spreinya, Sis!”
“Haduh, Jeng, sprei itu ibaratnya pakaian. Masa sih kasurnya nggak dipakaikan baju? Sama kayak kamu kalau nggak pakai baju kan kedinginan, toh!”
“Oke! Oke! Aku pasang spreinya!”

4. Terkenal

“Aloha, Jeng! Lagi liburan, kan? Jalan ke mall, yuk!”
“Nggak, ah!”
“Lho, kenapa? Daripada bengong di rumah mending kita jalan aja.”
“Nggak mau. Soalnya di mall banyak yang manggil-manggil aku.”
“Hah? Siapa?”
“Itu, tuh! Lagu yang ada kata-kata Gloria Gloria-nya.”
“Astaga, kamu ge-er banget, sih?”
“Hahaha.”

5. Sabun Cuci Piring

“Eh, Jeng, lagi santaikah?”
“Nggak juga, Sis. Aku baru aja nyuci piring. Kenapa?”
“Nanya aja. Oh, ya, kamu pakai sabun cuci apa?”
“Mama Lime.”
“Oh, aku pakai temannya Mama Lime.”
“Siapa itu? Mama Enem? Mama Tujuh? Mama Delapan? Atau… Mama Tige? Mama Due? Mama Satu?”
“Haha. Sekalian aja berhitung sampai seratus!”

Sekian lucu-lucuannya. Kalau ada yang mau menambahkan, silakan…