Kisah Si Burung Hantu

Hari ini ramai banget ya orang-orang membicarakan tentang operasi plastiknya si siapa tuh. Nggak kenal aku. Pokoknya orang terkenal lah. Atau mendadak terkenal juga terserah deh. Yang pasti ada satu topik obrolan yang menarik hari ini. Obrolan tentang burung hantu di suatu siang yang cerah dan gerah tapi menarik untuk dibahas. Karena aku dan temanku sama-sama setuju dengan mitos yang sering dibicarakan orang di kampung.

Ini hanya menurut kepercayaan saja… Di kampung biasanya suka ada mitos-mitos gitu, kan… Nah untuk si burung hantu ini ada juga kepercayaannya.

Pertama, kalau ada burung hantu terbang berputar-putar malam-malam di suatu kawasan dan ia berteriak dengan suara serak maka artinya akan ada orang yang meninggal di kawasan tersebut.

Kedua, kalau burung hantunya berteriak dengan suara nyaring artinya bakal ada ibu yang melahirkan. Nah, buat yang satu ini aku baru dengar. Tapi kemungkinan untuk mempercayainya 90%. Soalnya temanku bilang dia pernah mengalami kejadian seperti itu.

Ketiga, burung hantu yang berbunyi nguk-nguk-nguk di dekat ibu-ibu yang sedang hamil memberi tanda akan adanya hal-hal yang mistis. Menurut kepercayaan keluarga, ibu-ibu hamil rentan diikuti ‘makhluk halus’ (mungkin nyamuk, semut, dan sebagainya karena mereka halus. Iya, kan? Hehe…) Pokoknya kalau ada burung hantu hinggap di pohon dekat rumahnya ibu hamil, si burung hantu itu memberi tanda untuk berhati-hati. Percaya nggak percaya sih…. Menurutku, untuk berjaga-jaga saja nggak apa-apa dipercaya. Namanya kalau lagi hamil kan pengennya anaknya lahir sehat tanpa kekurangan apa pun, kan. Jadi segala pantangan wajib dilakukan.

Nah, itu tadi tiga kepercayaan tentang burung hantu. Ada yang bilang burung hantu tuh seram. Tapi menurutku burung hantu tuh keren. Soalnya lehernya bisa berputar 180 derajat. Aku pernah melihat burung hantu dari jarak dekat. Itu kali pertama aku lihat. Burung-burung hantu itu ada di kawasan Kawah Sikidang di Yogyakarta. Trus, di Palembang juga pernah lihat di Bird Park di kawasan OPI Jakabaring.

Karena sekarang sedang membahas tentang burung hantu, sekalian aja aku cari makna burung hantu. Soalnya pernah dengar orang bilang burung hantu adalah lambang untuk pendidikan. Benar juga… Burung hantu tuh melambangkan kebijaksanaan. Ia juga digambarkan sebagai karakter yang setia, dan rendah hati.

Menurut kalian, burung hantu seram nggak?

Advertisements