Tebak-tebakan Bulan

Di dunia ini rupanya ada bermacam-macam bulan. Selain bulan sabit dan bulan purnama, ada juga bulan tua. Kayak tanggal-tanggal sekarang ini. Bulannya tua… tua sekali.

Ngomongin bulan, yuk main tebak-tebakan. Biar sedikit terhibur di bulan tua ini.

1.
Bulan apa yang bikin orang hepi, senyum-senyum terus, dan dunia terasa cerah?
Jawab: bulan muda.

Senangnya kalau awal bulan ya. Duit dibagi-bagi buat keperluan ini-itu. Jangan sampai deh baru tengah bulan sudah bilang: “Loh, uangku ke mana?” Ujung-ujungnya pas akhir bulan makan ramen, deh!

2.
Bulan apa yang bikin orang harus melakukan penghematan besar-besaran tapi ada juga yang pakai sistem ngutang?
Jawab: bulan tua.

Pliss yang merasa ngutang, bayar ya… hutangmu adalah nyawaku. Uwuwu.

3.
Bulan apa yang bikin cewek-cewek jadi bad mood, sensi, kepala puyenk, dan sakit perut?
Jawab: datang bulan.

Beberapa cowok biasanya nggak ngerti ini. Makanya ada lagu “karena wanita ingin dimengerti.” Padahal wanita tuh pengennya disayang dan diperhatiin.

4.
Bulan apa yang menjadi tanda bahwa pasangan baru merid?
Jawab: bulan madu.

Heran ya, kenapa dinamakan bulan madu? Apakah dahulu kala ada pasangan astronot baru merid trus jalan-jalan ke bulan lalu sampai di sana mereka mencicipi bulan dan ternyata bulannya rasanya seperti madu? Trus sekembalinya dari bulan, mereka memberi judul perjalanan mereka tersebut: bulan madu. Makanya kalau pasangan baru merid pergi jalan-jalan dinamakan bulan madu? Hmmm…

5.
Bulan apa yang membuat seseorang merasa tersakiti, terdzolimi, teraniaya sehingga bisa menimbulkan trauma?
Jawab: bulan-bulanan.

Menyedihkan banget menjadi bulan-bulanan ini. Apalagi kalau pas hari raya, pasti deh sanak keluarga handai dan taulan pada nge-bully. Mana pasangannya? Saking sebelnya jadi bilang: “Sementara ini sepatuku dulu aja yang ada pasangannya, ntar aku nyusul.”

6.
Bulan apa yang rajin banget urus anak dan keluarga?
Jawab:
BuLani pergi ke pasar belanja sayur trus pulangnya masak, habis itu nyuci, beres-beres rumah, siapin makan siang, angkat jemuran, setrika, urus anak, nyapu, ngepel, siapin makan malam, beres-beres lagi, urus anak lagi. Jangan mempertanyakan pekerjaan ibu rumah tangga ya. Kayaknya aja tak terlihat, padahal kerjaannya bejibun!!

Segitu aja tebak-tebakannya. Kalau kalian ada tebak-tebakan yang lain tentang bulan, silakan tambahkan di kolom komentar ya. Tengkiyuuuu….

Advertisements

Sistem Zo Nasi

Mari bercerita….

1. Di minimarket

Seorang ibu-ibu mampir ke minimarket dekat kantornya sebelum perjalanan pulang ke rumah.

Ibu-ibu : “Mbak, saya beli ini. Berapa total harganya?”
Kasir : “Ibu tinggal di mana?”
Ibu-ibu : “Di km 12. Kenapa memangnya, Mbak?”
Kasir : “Maaf, Bu. Sekarang ada sistem Zo Nasi. Ibu nggak bisa belanja di sini.”
🙄

2. Lowongan Pekerjaan

Ada reunian SMA di sebuah cafe. Setelah basa-basi yang akhirnya basi, obrolan bergeser ke topik lowongan pekerjaan.

A : “Eh, ada lowongan kerja di kantor gue.”
B : “Oh ya? Bagian apa?”
A : “Staf admin. Ada yang mau ngelamar?”
C : “Aku mau. Sudah 3 bulan ngganggur, nih! Syaratnya apa?”
A : “Kamu tinggalnya di mana?”
C : “Di daerah Inu.”
A : “Wah, jauh banget. Syaratnya tempat tinggal harus dekat kantor. Maklumlah sekarang ada sistem Zo Nasi.”
🙄

3. Pacaran, Yuk!

Setelah kurang lebih tiga bulan pedekate, seorang cowok ngajakin gebetannya makan di sebuah resto di mall. Padahal biasanya ngajak ke kantin doang. Iya, dong! Harus ke tempat yang agak wah, gitchuu.. Maklum, mau nembak si gebetan.

Cowok : “Ehm… Dek.”
Cewek : “Apaan, Bang?”
Cowok : “Adek mau nggak jadi pacar Abang?”
Cewek : “Nggak, ah, Bang!”
Cowok : “Lho, kenapa? Kita kan udah dekat.”
Cewek : “Siapa bilang, Bang? Rumah abang jauh banget dari rumahku.”
Cowok : “Trus kenapa? Kan abang bisa naik motor ke rumah adek.”
Cewek : “Maaf, Bang. Sekarang ada sistem Zo Nasi.”
Cowok : “Halah…”

Niat mau nembak, eh malah kena tembak gara-gara sistem Zo Nasi. Hadeuh! Ckckck…

4. Makan

Daripada pusing mikirin sistem Zo Nasi, ayok kita makan Nasi beneran.

Mari makan… 😁

Yang Jangan dan Boleh Dilakukan Saat Pergantian Tahun

Wah, sudah malam tahun baruan aja, nih! Ngapain aja di malam tahun baruan ini? Bakar-bakaran? Nonton konser? Jalan-jalan? Atau…. tidur? Apapun itu, ada yang jangan dilakukan di saat pergantian tahun ini dan ada yang boleh dilakukan. Cek yukkkk!

1. Makan
Namanya malam tahun baru ya… So pasti pada mau makan-makan. Ada yang pilih ke tempat makan semacam resto, cafe, warung, de-el-el dan ada juga yang masak sendiri atau beli trus bawa pulang.
Don’t: Jangan makan di jalan!
Biasanya ada ajakan teman seperti ini, nih:

Teman: “Malam tahun baruan, nih! Ayo jalan!”
Kita: “Sekalian makan-makan ya?”
Teman: “Ya, iyalah. Ntar kita makan di jalan. Yuk, ah, cusss!”
Do: Kalau mau makan, makanlah di tempat yang aman. Jangan makan di jalan nanti ditabrak kendaraan!!
Tambahan buat don’t:
– no drugs and no alcohol karena berbahaya banget!

2. Bakar-bakaran
Tahun baruan identik dengan bakar-bakaran. Soalnya seru sambil menunggu jam 12 teng, panggang ini itu, bakar ini itu.
Don’t: Jangan bakar emosi orang ya. Dan jangan bakar gas elpiji mentang-mentang kamu jomblo atau nggak ada yang ngajakin tahun baruan bareng. Oh ya, nggak perlu juga bakar kemenyan trus baca mantra jampi-jampi gara-gara nggak ditolak gebetan. Wkwkwk.
Do: Bakarlah yang patut dibakar misalnya jagung, sate, pempek. Alhasil habis bakar-bakaran, makan, perut pun kenyang.

3. Berkendaraan
Ada yang malam tahun baruannya pergi jalan-jalan naik motor? Naik mobil? Pasti ada. Biasanya malam tahun baruan ini seru-seruan kan…

Tahun boleh baru, tapi nyawa nggak ada yang baru Saudaraku. Jadi jaga diri dan jangan sampai dapat petaka di malam tahun baru.

Don’t: Jangan kebut-kebutan! Ingat, Anda bukan Valentino Rossi! Dan, ingatlah bahwa jalanan bukan punya mbahmu. Masih banyak pengguna jalanan lainnya yang ingin hidup tentram, bahagia, sehat, sejahtera. Jangan kau rusak kebahagiaan mereka. Hihihi
Do: Jalanlah di jalan yang benar. Wkwkwk. Ngebut berarti maut. Hahha! Dan seperti kata gambar di atas, jangan mencari bahaya!
Waspadalah! Waspadalah! *pinjam kata-kata bang napi

4. Petasan dan Kembang api
Malam tahun baru tanpa petasan dan kembang api tuh serasa ada yang kurang ya. Nggak berisik dan nggak ada bunyi berdentum-dentum rasanya aneh.
Don’t: Tolong kalau bisa main petasannya jangan di dekat rumah yang ada anak kecilnya atau ada nenek kakek yang jantungan. Bisa nggak sih? Kasihan nanti mereka nggak bisa tidur atau parahnya sampai masuk rumah sakit gara-gara bunyi petasan. Huft! Lelah hayati…
Do: Seru-seruan main petasannya di lapangan luas aja deh! Pakai peredam suara kalau bisa. Wkwkwk. Ingat: kalau bisa ya…

5. New Relationship
Entah kenapa aku terpikir aja tentang hal ini. Gara-garanya melihat banyak yang menghabiskan waktu bersama pasangannya. Ada yang masih flirting sama gebetan. Buat yang sudah nikah semoga langgeng-langgeng aja. Bagian kelima ini khusus buat yang lagi pedekate aja. Hohoho
Don’t: Jangan nembak gebetan kamu di tanggal 31 Desember atau 1 Januari!! Please, don’t do that! Soalnya kalau si dia langsung oke pada tanggal tersebut trus nantinya kalian putus, rasanya sakit banget, tau’! Bakalan sedih pas ngerayain tahun baruan karena keinget pernah jadian di tahun baruan. Huhu!
Do: Kalau mau nembak gebetan pliss pilih tanggal lain aja, deh! Dari 31 hari kan masih ada tanggal lainnya toh?

6. Lain-lain
Don’ts:
– Berisik dan teriak-teriak nggak jelas. Hati-hati nanti diangkut ke RSJ.
– Mencuri, maling, mencopet, menjambret. Kecuali kamu mau mencuri hati si dia, it’s okay lah.
Dos:
– Tidur aja kalau nggak ada kerjaan.
– Berdoa dan mendoakan yang terbaik buat diri sendiri dan orang lain tuh hal yang baik.

Oke, cukup sekian ya temans. Kalau ada yang mau menambahkan, silakan… Kalau ada komentar lainnya juga silakan. Akan diterima dengan senang hati. Hehehe.

Akhir kata aku ucapkan mohon maaf apabila ada kesalahan di sepanjang tahun 2018 baik sengaja maupun tidak disengaja. Terima kasih juga sudah menjadi pembaca dan pemberi like di blog ini. Doa terbaik buat kita semua. Selamat tahun baru!